ANALISIS KARAKTERISTIK PERGERAKAN PEDESTRIAN DAN TINGKAT PELAYANAN JALUR PEDESTRIAN DI JALAN CIKINI RAYA MENTENG JAKARTA PUSAT

ADRANA, KENANGA MAY AULIA (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK PERGERAKAN PEDESTRIAN DAN TINGKAT PELAYANAN JALUR PEDESTRIAN DI JALAN CIKINI RAYA MENTENG JAKARTA PUSAT. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA.

[img]
Preview
Text (COVER)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 02 - Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 03 Abstrak.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB 2)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB 4)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (JURNAL)
41121110108 - Kenanga May Aulia Ardana - 11 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)

Abstract

Aktivitas pedestrian di Jakarta saat ini cukup tinggi, oleh sebab itu jalur pedestrian atau trotoar yang dapat diartikan sebagai ruang khusus untuk pejalan kaki beraktivitas dan memberikan pelayanan kepada pejalan kaki sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan sangat dibutuhkan bagi pedestrian. Namun terkadang dalam suatu perancangan kota, jalur pedestrian tersebut kurang diperhatikan dari segi desain hingga fungsinya sehingga kenyamaan dan keamanan pengguna akan terganggu. Jalur pedestrian yang sering disalah fungsikan seperti untuk parkir liar kendaraan bermotor atau bahkan untuk tempat berjualan pedagang kaki lima akan merusak fungsi utama jalur pedestrian atau trotoar ini sehingga tingkat pelayanannya akan turun. Daerah Menteng, khususnya sepanjang jalan Cikini Raya merupakan daerah padat pedestrian akibat diberlakukan kembali work from office pasca pandemi, serta dibukanya Kembali Taman Ismail Marzuki, Planetarium, dan Perpustakaan Kota Jakarta, serta merupakan kawasan kampus Insitut Kesenian Jakarta (IKJ) hal tersebut menyebabkan daerah jalan Cikini Raya memiliki tingkat aktivitas pedestrian yang cukup tinggi terlebih didukung dengan transportasi umum yang menuju jalan Cikini Raya cukup banyak dan mudah diakses. Penelitian ini menggunakan metode Level Of Service untuk mengetahui tingkat pelayanan lokasi penelitian serta melakukan penelitian lapangan berupa pengambilan data survei berupa volume pedestrian, waktu tempuh pedestrian, kondisi eksisting geometri jalur pedestrian, serta menyebarkan kuisioner mengenai pendapat pedestrian terhadap kenyamanan jalur pedestrian Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Berdasarkan data lapangan yang telah dianalisis menghasilkan karakteristik pedestrian berupa arus puncak pada segmen I terjadi pada hari Sabtu sebesar 4,13 ped/min/m dan pada segmen II terjadi pada hari Minggu sebesar 10,88 ped/min/m, kecepatan puncak segmen I dan segmen II terjadi pada hari Minggu sebesar 106,69 pada segmen I dan 98,62 m/min pada segmen II, kepadatan puncak pada segmen I terjadi pada hari Minggu sebesar 2,65 ped/m2 dan pada segmen II terjadi pada hari Sabtu sebesar 2,910 ped/m2, ruang terendah pada segmen I dan segmen II terjadi pada hari Minggu sebesar 0,433 m2/ped dan 0,383 m2/ped, dan rasio puncak pada segmen I terjadi pada hari Sabtu sebear 0,038 dan pada segmen II terjadi pada hari Minggu sebesar 0,070, maka pergerakan pedestrian tertinggi terjadi pada hari Minggu (akhir pekan). Kemudian Level Of Service yang diperoleh rata rata dapat dikategorikan A atau merupakan tingkat pelayanan terbaik. Pendapat pedestrian yang diperoleh dari data kuisioner dapat disimpulkan bahwa pedestrian sudah merasa cukup nyaman dengan jalur pedestrian Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, namun masih ditemui beberapa hambatan pada jalur pedestrian tersebut seperti, parkir liar kendaraan bermotor dan keberadaan PKL pada jalur pedestrian Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Kata kunci : arakteristik pergerakan pedestrian, level of service, tingkat kenyamanan pedestrian.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41121110108
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : arakteristik pergerakan pedestrian, level of service, tingkat kenyamanan pedestrian.
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi > 711.74 Pedestrian Transportation Facilities/Fasilitas Pejalan Kaki
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:10
Last Modified: 28 Aug 2023 08:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/80234

Actions (login required)

View Item View Item