ISMAIL, HASRAD RUDIN (2015) ANALISA ACOUSTIC INDUCED VIBRATION DAN STRESS ANALISIS PADA PIPA FLARE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada jalur pipa flare adalah Acoustic Induced Vibration (AIV) yang disebabkan oleh high frequency acoustic excitation. Laju aliran fluida yang tinggi yang menubruk dinding pipa, sebagai akibat dari pressure drop yang melewati alat-alat pengubah tekanan. Problemanya adalah tingkat kebisingan yang tinggi ini disertai dengan tonal excitation akan merangsang vibrasi tingkat tinggi pada mode dinding pipa. Vibrasi ini akan membentuk pelemahan lokal (shell flexural) pada dinding pipa yang kemudian menghasilkan potensi dinamik stres tingkat tinggi (circumferential discontinuities). Lokasi yang rentan terhadap keadaan ini adalah downstream dari Relief Valve dan pada Small Bore Connection (SBC). Keadaan ini jika tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan fatique failure pada pipa. Dalam tugas akhir ini, penulis menganalisa masalah diatas dengan menggunakan metode Likelihood Of Failure (LOF). Sedangkan untuk tegangan pipa akan dianalisa menggunakan Caesar II. Berdasarkan ketentuan Energy Institute 2008 dimana LOF harus lebih kecil atau sama dengan 0.5 bagi tingkat kebisingan yang melebihi 155 dB, dan mengurangi potensi fatique failure pada pipa, maka dapat ditarik kesimpulan sbb: Penambahan ketebalan pipa pada downstream dari relief valve menjadi 26.187 mm (SCH.100), dan Pemakaian Full Reinforcemen Saddle Support. Sedangkan analisa tegangan pipa berdasarkan ASME B31.3 diperoleh hasil bahwa stress yang terjadi pada pipa flare tersebut masih dalam batas yang diizinkan.
Actions (login required)
View Item |