ANALISA ACOUSTIC INDUCED VIBRATION DAN STRESS ANALISIS PADA PIPA FLARE

ISMAIL, HASRAD RUDIN (2015) ANALISA ACOUSTIC INDUCED VIBRATION DAN STRESS ANALISIS PADA PIPA FLARE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada jalur pipa flare adalah Acoustic Induced Vibration (AIV) yang disebabkan oleh high frequency acoustic excitation. Laju aliran fluida yang tinggi yang menubruk dinding pipa, sebagai akibat dari pressure drop yang melewati alat-alat pengubah tekanan. Problemanya adalah tingkat kebisingan yang tinggi ini disertai dengan tonal excitation akan merangsang vibrasi tingkat tinggi pada mode dinding pipa. Vibrasi ini akan membentuk pelemahan lokal (shell flexural) pada dinding pipa yang kemudian menghasilkan potensi dinamik stres tingkat tinggi (circumferential discontinuities). Lokasi yang rentan terhadap keadaan ini adalah downstream dari Relief Valve dan pada Small Bore Connection (SBC). Keadaan ini jika tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan fatique failure pada pipa. Dalam tugas akhir ini, penulis menganalisa masalah diatas dengan menggunakan metode Likelihood Of Failure (LOF). Sedangkan untuk tegangan pipa akan dianalisa menggunakan Caesar II. Berdasarkan ketentuan Energy Institute 2008 dimana LOF harus lebih kecil atau sama dengan 0.5 bagi tingkat kebisingan yang melebihi 155 dB, dan mengurangi potensi fatique failure pada pipa, maka dapat ditarik kesimpulan sbb: Penambahan ketebalan pipa pada downstream dari relief valve menjadi 26.187 mm (SCH.100), dan Pemakaian Full Reinforcemen Saddle Support. Sedangkan analisa tegangan pipa berdasarkan ASME B31.3 diperoleh hasil bahwa stress yang terjadi pada pipa flare tersebut masih dalam batas yang diizinkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 15 092
NIM/NIDN Creators: 41310120039
Uncontrolled Keywords: AIV, Flare, pressure drop, LOF, pressure reducing, acoustic excitation,stress analysis.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan > 006.31 Machine Learning/Pembelajaran Mesin
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Feb 2015 13:35
Last Modified: 17 Apr 2024 07:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item