ANALISIS METODE PLAN, DO, CHECK, ACTION(PDCA) UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA BENGKEL SHOP&DRIVE SEMANAN

ROCHMAT, RAYZA (2021) ANALISIS METODE PLAN, DO, CHECK, ACTION(PDCA) UNTUK MENGURANGI WAKTU PROSES DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA BENGKEL SHOP&DRIVE SEMANAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER 10.000-dikonversi (2) - RAYZA ROCHMAT.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I-dikonversi - RAYZA ROCHMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II-dikonversi - RAYZA ROCHMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-dikonversi (1) - RAYZA ROCHMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-dikonversi (1) - RAYZA ROCHMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-dikonversi - RAYZA ROCHMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK1-dikonversi - RAYZA ROCHMAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Shop & Drive is a subsidiary of PT Astra Otoparts which is engaged in the automotive industry. In the period October 2019-March 2020 there was a delay in the completion time of the shockbreaker service, where the completion time was too long from the completion time set by the company, this delay was quite significant. Because shockbreaker service is the most frequently done service, these problems must be immediately reduced or eliminated in order to maintain customer satisfaction by maintaining service quality and not having an impact on other service processes. To overcome this problem, the authors analyzed it using the PDCA method which was carried out during the August-October 2020 period, the PDCA process was a stage of Plan (planning improvement strategies), Do (implementing planning), Check (conducting monitoring and measurement), Action (adjusting and making standardization of the improvement process). After applying the PDCA method, this time delay can be handled, as evidenced in August 2020 the delay in completion time is 1 hour 33 minutes where previously in the October 2019-March 2020 period it was 2 hours 12 minutes. Keywords: Quality Control, Customer Satisfaction, PDCA Shop&Drive merupakan naungan dari PT Astra Otoparts yang bergerak dibidang industri otomotif. Pada periode Oktober 2019-Maret 2020 terjadi keterlambatan waktu penyelesaian pada service shockbreaker yang dimana waktu penyelesaian terlalu lama dari waktu penyelesaian yang sudah ditetapkan perusahaan, keterlambatan ini cukup signifikan. Karena service shockbreaker merupakan service yang paling sering dikerjakan maka permasalahan tersebut harus segera dikurangi atau dihilangkan agar tetap menjaga kepuasan konsumen dengan menjaga kualitas pelayanan dan tidak berdampak paada proses service lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menganalisisnya menggunakan metode PDCA yang dilaksanakan selama periode agustus-oktober 2020, proses PDCA ini merupakan tahapan dari Plan(merencanakan strategi perbaikan), Do(melaksanakan perencanaan), Check(melakukan pengawasan dan pengukuran), Action(menyesuaikan dan membuat standarisasi dari proses perbaikan). Setelah diterapkan metode PDCA, keterlambatan waktu tersebut dapat ditangani, terbukti pada agustus 2020 keterlambatan waktu penyelesaian menjadi 1 jam 33 menit dimana sebelumnya pada periode oktober 2019-maret 2020 selama 2 jam 12 menit. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Kepuasan Konsumen, PDCA

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43117010393
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Kepuasan Konsumen, PDCA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.4 Research; Statistical Methods/Riset; Metode Statistik
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.4 Research; Statistical Methods/Riset; Metode Statistik > 001.42 Reseach Methods/Metode Riset
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:49
Last Modified: 31 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/79849

Actions (login required)

View Item View Item