SISTEM INFORMASI PEDULI PADA ODGJ (Orang dalam gangguan jiwa) Studi Kasus Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1

LARASATI, DYAH (2022) SISTEM INFORMASI PEDULI PADA ODGJ (Orang dalam gangguan jiwa) Studi Kasus Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Mental health is an important sector in realizing comprehensive health and the number of cases is still relatively high so it cannot be underestimated because it can reduce productivity in society and the country. Therefore, a system for mental health services that is adequate in various aspects is needed. In this case, the area of the orphanage in DKI Jakarta, especially the Cengkareng sub-district, namely the Bina Laras Harapan Sentosa 1 Social Panti is used as a place of research. The purpose of this study is to provide convenience when processing data processing because the existing system is inadequate or less computerized, so it is still carried out in a complex and manual manner so it is necessary to have an Information System Caring for ODGJ (People in Mental Disorders) where this system is a a system that provides convenience for services in the social institution Bina Laras Harapan Sentosa 1 in the form of computerized data effectively including the preparation of ODGJ data administration reports, activity data reports, medical record reports, lists of doctors and hospitals that cooperate with the orphanage. So that it can help services and administrative work run smoothly, even minimize errors in recording ODGJ data, and increase ODGJ data security so that data security is accurate. The research method used in this study is based on qualitative and action methods. While the development of the system uses the waterfall model. The software used is Visual Studio Code, and Xampp 5. Based on the analysis, design and implementation, as well as the discussions that have been carried out, we created an Information System Caring for ODGJ. With the design of this information system, it also makes it easier for admins to manage ODGJ data and reports, computerized and stored properly. Key words: ODGJ, Mental Health Service ,Waterfall Kesehatan mental atau kesehatan jiwa merupakan sektor penting dalam mewujudkan Kesehatan yang menyeluruh dan jumlah kasusnya masih terbilang tinggi sehingga tidak bisa diremehkan karena mampu menurunkan produktivitas dalam masyarakat dan negara. Maka, dibutuhkan Sistem pada Pelayanan Kesehatan jiwa yang memadai dalam berbagai aspek. Dalam hal ini, wilayah panti di DKI Jakarta khususnya daerah kecamatan cengkareng yaitu Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1 dijadikan sebagai tempat penelitian. Tujuan penelitian ini untuk memberikan kemudahan pada saat memproses pengolahan data dikarenakan sistem yang sudah ada kurang memadai atau kurang terkomputerisasi, sehingga masih dilakukan secara kompleks dan manual maka diperlukan nya ,Sistem Informasi Peduli Pada ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang dimana sistem ini merupakan suatu sistem yang memberikan kemudahan untuk pelayanan di dalam panti sosial bina laras harapan Sentosa 1 berupa data yang terkomputerisasi secara efektif meliputi pembuatan laporan administrasi data odgj , laporan data kegiatan, laporan rekam medis , daftar dokter serta rumah sakit yang bekerjasama dengan panti . Sehingga dapat membantu pelayanan dan pekerjaan administratif dapat berjalan dengan lancar, bahkan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan data ODGJ, dan meningkatkan keamanan data ODGJ agar keamanan data akurat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan metode kualitatif dan action. Sedangkan pengembangan sistemnya menggunakan model waterfall. Perangkat lunak yang digunakan adalah Visual Studio Code, dan Xampp 5. Berdasarkan analisis, perancangan dan implementasi, serta pembahasan yang telah dilakukan, kami membuat Sistem Informasi Peduli Pada ODGJ. Dengan perancangan sistem informasi ini juga memudahkan admin dalam mengelola data serta laporan ODGJ, secara terkomputerisasi dan tersimpan dengan baik. Kata kunci: ODGJ, Pelayanan Kesehatan Jiwa,Waterfall .

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 23 019
NIM/NIDN Creators: 41817010067
Uncontrolled Keywords: ODGJ, Pelayanan Kesehatan Jiwa,Waterfall
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:02
Last Modified: 22 Jul 2023 07:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/79489

Actions (login required)

View Item View Item