PERMAINAN BOARD GAME FINANSIAL " BENIH & SUSU " UNTUK ANAK- ANSK BERUMUR 10-17 TAHUN

ANDREW, ANDREW (2021) PERMAINAN BOARD GAME FINANSIAL " BENIH & SUSU " UNTUK ANAK- ANSK BERUMUR 10-17 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
7. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Board game is a game that can function as an educational tool that beneficial for children, because there is a real interaction from a real life simulation that convey the message from the board game itself. Nowadays, the needs to have a good financial education is very crucial, so that people won’t get trapped in a fraud investment scheme with a high return of investment in a short amount of time. It is better to give a financial education to people since their young age, in the age of 10 – 17 years, where their brain cognitive function is in a high development stage and it is an excellent time to form a mindset that can bring benefits in their adulthood. A financial education that is given in a form of board game is a very highly effective way to learn because it can be shared in a form of playing interactively . In the end, hopefully the financial education given from a board game can contribute for a real preaparation when facing the financial situation that will come in their adulthood later. Keyword : Board game, Financial, education , Financial management Board game adalah permainan yang dapat berfungsi sebagai media edukasi yang baik untuk anakanak, dikarenakan adanya interaksi yang nyata dari simulasi kehidupan nyata yang menjadi pesan dari permainan board game tersebut. Dewasa ini, kebutuhan untuk bisa mendapatkan edukasi yang baik mengenai pengelolaan keuangan sudah menjadi hal yang menjadi keharusan agar tidak banyak orang yang terjebak ke dalam penipuan dengan skema investasi berimbal balik tinggi. Pemberian edukasi mengenai finansial ada baiknya bila diberikan semenjak usia dini, yaitu di usia anak-anak berumur 10-17 tahun, karena pada usia inilah masa dimana mereka menyerap pelajaran dengan cara bermain dimana perkembangan kognitif serta otak sedang mengalami fase yang terus berkembang dan merupakan masa yang tepat untuk pembentukan pola pikir seseorang yang dapat dibawa hingga dewasa nanti. Pemberian edukasi finansial melalui board game merupakan langkah yang sangat efektif karena dengan media board game, maka pengajaran edukasi finansial yang didapat bisa lebih diterima oleh anak -anak berumur 10-17 tahun dengan cara bermain secara interaktif. Pada akhirnya, diharapkan pembekalan pengajaran edukasi yang sudah diterima dapat berkontribusi sebagai bekal untuk menghadapi situasi finansial di saat mereka dewasa nanti. Kata Kunci: Board game, Edukasi Finansial, Mengelola keuangan

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41917110039
Uncontrolled Keywords: Board game, Edukasi Finansial, Mengelola keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses/Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.8 Magic and Related Activities/Permainan Sulap dan Aktivitas Terkait
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:07
Last Modified: 23 Jun 2023 04:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78419

Actions (login required)

View Item View Item