MAINAN EDUKASI ANATOMI TUBUH UNTUK ANAK 3 TAHUN

MURNISARI, ANNISA CAHYA (2021) MAINAN EDUKASI ANATOMI TUBUH UNTUK ANAK 3 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB VI)
7. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)

Abstract

At 3 years is a golden age for children, where all activities carried out will affect their growth and development. At this age, children's learning process can do from the simple and basic things, which is will be a provision for them later. Like introducing the anatomy of their bodies, children will learn to identify themselves and recognize body parts and their functions. This will be related to learning such as self-respect, which is related to daily activities such as, maintaining cleanliness, maintaining health, loving and learning to be grateful. However, the media on the market is still not suitable for children aged 3 years, and toys with content about body anatomy are still minimal in the market. Therefore, the design of this toy was made to answer the existing problems. This design has the aim of creating toys that can build fun for 3- year-old children about body anatomy and also creating toys to inform children to know and remember them. The method used in the design of the author performs data analysis related to several aspects, such as aspects of ergonomics, interaction, how to play, and visuals. So to produce a fun toy design for children, the author applying the type of toy body and face anatomy puzzle. How to play it is by arranging the location of the puzzle pieces based on the card that would be the reference in the arranging. Keywords: Fun, Toys, Puzzles, Children 3 years old Di usia 3 tahun merupakan masa emas bagi anak, dimana segala aktivitas yang dilakukan akan mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Diusia ini proses pembelajaran anak dapat dilakukan dari hal yang sederhana sekaligus mendasar, yang tentunya akan menjadi bekal untuk mereka nantinya. Seperti mengenalkan tentang anatomi tubuh mereka, dengan demikian anak akan belajar mengetahui indentitas diri dan mengenal anggota tubuh beserta fungsinya. Hal tersebut akan berkaitan untuk belajar seperti menghargai diri sendiri, yang berhubungan dengan kegiatan seharihari seperti menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, mencintai dan belajar mensyukuri diri. Namun media yang ada dipasaran masih kurang sesuai diberikan pada anak usia 3 tahun, dan mainan yang mengangkat konten tentang anatomi tubuh ini masih minim dipasaran. Oleh karena itu perancangan mainan ini dibuat untuk menjawab permasalahan yang ada. Perancangan ini memiliki tujuan diantaranya untuk menciptakan mainan yang dapat membangun kesenangan kepada anak 3 tahun tentang anatomi tubuh dan juga menciptakan mainan untuk menginformasikan agar anak mengetahui dan mengingatnya. Kemudian metode yang dilakukan dalam perancangan penulis melakukan analisis data yang berkaitan dengan beberapa aspek, seperti aspek ergonomi, interaksi, cara bermain, dan visual. Sehingga menghasilkan rancanan mainan yang menyenangkan untuk anak yakni dengan penerapan jenis mainan berupa puzzle anatomi tubuh dan wajah, yang cara memainkannya yaitu dengan menyusun letak potongan puzzle berdasarkan pada kartu yang menjadi acuan dalam penyusunannya. Kata Kunci : Menyenangkan, Mainan, Puzzle, Anak 3 tahun

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41917110033
Uncontrolled Keywords: Menyenangkan, Mainan, Puzzle, Anak 3 tahun
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses/Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:24
Last Modified: 23 Jun 2023 03:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78418

Actions (login required)

View Item View Item