Zutha, Chafid (2023) ANALISIS PENINGKATAN PERFORMA DESAIN BODY PADA KENDARAAN KONTES MOBIL HEMAT ENERGI MENGGUNAKAN SOLIDWORKS FLOW SIMULATION. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
||
Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (JURNAL)
9. JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
Abstract
Bodi merupakan bagian utama pada kendaraan yang berfungsi sebagai pelindung kontruksi dan panel-panel kelistrikan dari faktor eksternal sepert i cahaya matahari, hujan, dan pengatur aliran fluida. Bodi kendaraan akan dikatakan aerodinamis apabila gaya hambat yang dihasilkan rendah sehinga mengoptimalkan kinerja penggerak yang bisa meningkatkan efisiensi dari kinerja penggerak sehingga bisa mengurangi konsumsi energi. Penelit ian ini bertujuan untuk menegetahui suatu bentuk garis kecepatan, lintasan aliran, tahanan hambatan, dan tahanan koefisien yang diterima oleh desain bodi yang sudah ada dan desain bodi yang sudah di modifikasi lalu mencari manakah desain yang paling aerodinamis. Metode yang digunakan yaitu Computational Fluid Dynamics yang tersedia pada perangkat lunak Solidworks 2021 – Flow Simulat ion. Dari hasil simulasi yang dilakukan pada Desain Lama, Desain 1, dan Desain 2 semua desain memiliki aliran laminar pada bagian depan kendaraan, tetapi saat sudah menyentuh bodi kendaraan arah aliran mulai berubah sampai bagian belakang kendaraan. Hasil perbandingan Desain Lama, Desain 1, dan Desain 2 pada kecepatan tertinggi 50 Km/Jam dengan densitas fluida udara 1,225 Kg/mᶾ maka didapatkan nilai Coefficient Drag Desain Lama 0,045. Desain 1 didapatkan nilai Coefficient Drag 0,035. Desain 2 didapatkan nilai Coefficient Drag 0,032. Dari hasil data simulasi bahwa Desain 2 paling aerodinamis daripada 2 desain lainnya dengan nilai Coefficient Drag 0,032 di kecepatan 50 Km/Jam. Dapat disimpulkan bahwa kecepatan mempengaruhi bentuk aliran dan semakin t inggi kecepatan nilai Force Drag semakin besar, tetapi nilai Coefficient Drag semakin kecil. Kata Kunci : Kontes Mobil Hemat Energi, Bodi, Aerodinamis, Computational Fluid Dynamics, Coefficient Drag
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41321110076 |
Uncontrolled Keywords: | Kontes Mobil Hemat Energi, Bodi, Aerodinamis, Computational Fluid Dynamics, Coefficient Drag |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 08:31 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 08:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75980 |
Actions (login required)
View Item |