PENINGKATAN PERFORMANSI JARINGAN DATA INTERNET VSAT KU-BAND UBIQU DI PROVINSI PAPUA BARAT

Hendira, Virlianta Dwiky Novan (2023) PENINGKATAN PERFORMANSI JARINGAN DATA INTERNET VSAT KU-BAND UBIQU DI PROVINSI PAPUA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (JURNAL)
9. JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, Teknologi Komunikasi dan Informasi berkembang secara cepat, baik dari sisi kecepatan jaringan, infrastruktur dan model maupun harganya. Di lain sisi terdapat kesenjangan di masyarakat Indonesia yang di mana terdapat ribuan gugusan pulau terutama mereka yang termasuk dalam daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang tidak dapat merasakan ketersediaan jaringan internet, contohnya di Provinsi Papua Barat masih terdapat beberapa wilayah yang merupakan daerah 3T dari 122 daerah di Indonesia berdasarkan informasi dari laman KEMENDIKBUD pada tahun 2021, dikarenakan sulitnya untuk mengakses internet diakibatkan dari tidak adanya infrastruktur yang mendukung dan kurang memadai. Jaringan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dengan menggunakan teknologi Satelit yang dapat terhubung dengan internet tanpa harus menggunakan kabel seperti Coaxial maupun Fiber Optic dapat digunakan sebagai solusi bagi masyarakat terutama mereka yang tinggal di daerah 3T di Indonesia. Bagaimanapun juga bukan berarti permasalahan jaringan telekomunikasi di atas dapat terselesaikan dengan mudah, dikarenakan letak geografis dan batas coverage dari spot beam satelit Nusantara Satu (Palapa C2), maka untuk area Provinsi Papua Barat terdapat beberapa daerah yang mendapatkan jaringan yang kurang maksimal. Penelitian ini menghasilkan Peningkatan Performansi Jaringan Data Internet Vsat Ku-Band Ubiqu di Provinsi Papua Barat. Analisa dengan antena 0,98 saat cuaca mendung mengalami penurunan SQF sebesar 4,1 db mengakibatkan rentan loss signal dan latency tinggi. Setelah perubahan dish antena ke 1,2 m penurunan SQF hanya sebesar 1,6 db dimana dapat mempertahankan power transmisi data Vsat dan mengatasi masalah loss signal dan latency tinggi. Kata Kunci : throughput, delay, jitter, packet loss, SQF, UBIQU, VSAT (Very Small Aperture Terminal)

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41419120204
Uncontrolled Keywords: throughput, delay, jitter, packet loss, SQF, UBIQU, VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:01
Last Modified: 03 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75952

Actions (login required)

View Item View Item