ANALISA PERAMALAN PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MOBIL TOYOTA AVANZA, DAIHATSU XENIA DAN HONDA BRIO PADA SAAT PANDEMI COVID-19

HAKIM, ZALFIAN (2023) ANALISA PERAMALAN PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MOBIL TOYOTA AVANZA, DAIHATSU XENIA DAN HONDA BRIO PADA SAAT PANDEMI COVID-19. S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Otomotif mengalami penurunan performa yang paling buruk selama pandemik terjadi dilihat dari Puchasing Manager Index (PMI) hingga di level 27.5 yang mana seharusnya berada di level normal > 50. Merespon hal tersebut, pemerintah membuat kebijakan tentang Rasio LTV untuk kredit properti, rasio FTV untuk pembiayaan properti, dan uang muka untuk kredit atau pembiayaan kendaraan bermotor. Oleh karena ini penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan meramal permintaan kendaraan bermotor yang direpresentasikan melalui permintaan mobil Toyota Avanza 1500cc, Daihatsu Xenia 1500cc dan Honda Brio Satya sebagai kendaraan dengan nilai penjualan tertinggi dari seluruh kendaraan mobil. Teknik peramalan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan time series dengan metode moving average, exponential smoothing dan trend analysis. Studi ini melakukan analisis perbandingan metode peramalan menggunakan MAD, MSE dan MAPE untuk mendapatkan hasil yang akurat dengan nilai error terkecil. Penelitian ini menemukan bahwa metode Moving Average memiliki keakuratan yang tinggi dalam meramal permintaan mobil Toyota Avanza 1500cc dan Daihatsu Xenia 1500cc. Sementara trend analysis sangat akurat untuk meramal permintaan mobil Honda Brio Satya. Hasil peramalan menunjukan adanya peningkatan permintaan pada semua jenis mobil yang dijadikan sampel. Hal tersebut mengindikasikan bahwa konsumen merespon dengan baik terhadap kebijakan pemerintah terkait pembiayaan dan kredit kendaraan bermotor. Kata Kunci: Peramalan Permintaan, Permintaan Mobil, Moving Average, Trend Analisis, Exponential Smoothing

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 5119120072
Uncontrolled Keywords: Peramalan Permintaan, Permintaan Mobil, Moving Average, Trend Analisis, Exponential Smoothing
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 18 Mar 2023 03:27
Last Modified: 18 Mar 2023 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75252

Actions (login required)

View Item View Item