OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS ALAT BERAT GALI-MUAT (EXCAVATOR) DAN ALAT ANGKUT (DUMP TRUCK) PADA PEKERJAAN GALIAN PROYEK JALAN TOL KUNCIRAN – BATU CEPER – CENGKARENG

JOSHUA, JOSHUA (2020) OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS ALAT BERAT GALI-MUAT (EXCAVATOR) DAN ALAT ANGKUT (DUMP TRUCK) PADA PEKERJAAN GALIAN PROYEK JALAN TOL KUNCIRAN – BATU CEPER – CENGKARENG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LEMBAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Excavation work is an activity that must be carried out on every construction project. The Kunciran - Batu Ceper - Cengkareng Toll Road construction project will carry out large-volume excavation work, making it impossible to do it manually. Heavy equipment that will be used in excavation work are excavators and dump trucks. The Kunciran - Batu Ceper - Cengkareng Toll Road construction project requires a number of heavy equipment combinations to complete it. Therefore, we need a combination of heavy equipment to determine the productivity of these tools, so as to determine which tools have the optimum productivity in terms of time and cost. So that losses and delays in project work can be minimized or even avoided. The method in this study is a quantitative method, because this study compares the analysis of the method of implementation in terms of time using primary data and secondary data. And the time analysis used is the WEBCYCLONE method to get the productivity of the machines used. Survey research methods in collecting the necessary data such as observational data and project work data and comparing the results of the analysis, to support the theory of the survey it is necessary to collect primary and secondary data. This method also looks at existing case studies. The results of this study refer to the calculation of the comparison between the original conditions of the field (existing) can be seen Alternative 1 that uses 1 unit of Komatsu PC200-8 Excavator and 2 units of Toyota Dyna Rino HINO FM 260 TI Dump Truck, the alternative has a productivity of 0.01818 m3 / second which becomes 65,448 m3 / hour which is the biggest among existing conditions or other alternatives, and in combination Alternative 1 produces the lowest price of Rp.15,789 m3 / hour. So it can be recommended to use Alternative 1 to carry out land removal work (excavation) on the Kunciran - Batu Ceper - Cengkareng Toll Road project. Keywords: Excavator, Dump Truck, Optimization, Webcyclone, Productivity Pekerjaan galian merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan pada setiap proyek konstruksi. Proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran – Batu Ceper – Cengkareng akan melaksanakan pekerjaan galian dengan volume yang cukup besar, sehingga sangat mustahil dilakukan secara manual. Alat berat yang akan dipakai pada pekerjaan galian yaitu excavator dan dump truck. Pada proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran – Batu Ceper – Cengkareng membutuhkan beberapa kombinasi alat berat untuk menyelesaikannya. Maka dari itu dibutuhkan beberapa kombinasi alat berat untuk mengetahui produktivitas alat-alat tersebut, sehingga dapat menentukan alat mana saja yang memiliki produktivitas yang optimum dari segi waktu dan biaya. Sehingga kerugian dan keterlambatan pengerjaan proyek dapat diminimalisir atau bahkan dihindari. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, karena penelitian ini membandingkan analisa metode pelaksanaan dari segi waktu dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Serta analisa waktu yang digunakan adalah metode WEBCYCLONE untuk mendapatkan produktivitas alat berat yang digunakan. Metode penelitian survei dalam mengumpulkan data yang diperlukan seperti data pengamatan dan data pekerjaan proyek dan membandingkan hasil analisis, untuk mendukung teori dari survei perlu dilakukan mengumpulkan data primer dan sekunder. Metode ini juga melihat dengan studi kasus yang ada. Hasil dari penelitian ini mengacu pada perhitungan perbandingan antara kondisi asli lapangan (existing) dapat dilihat Alternatif 1 yang menggunakan 1 unit Excavator Komatsu PC200-8 dan 2 unit Dump Truck Toyota Dyna Rino HINO FM 260 TI, alternatif tersebut memiliki produktivitas yaitu 0,01818 m3/detik yang menjadi 65,448 m3/jam yang paling besar diantara kondisi existing ataupun alternatif lainnya, dan pada kombinasi Alternatif 1 menghasilkan harga yang paling rendah Rp.15.789 m3/jam. Sehingga dapat direkomendasikan menggunakan Alternatif 1 untuk melaksanakan pekerjaan pemindahan tanah (galian) pada proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran – Batu Ceper – Cengkareng. Kata Kunci : Excavator, Dump Truck, Optimalisasi, Webcyclone, Produktivitas

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 20 226
NIM/NIDN Creators: 41116010058
Uncontrolled Keywords: Excavator, Dump Truck, Optimalisasi, Webcyclone, Produktivitas
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:19
Last Modified: 19 May 2023 01:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73696

Actions (login required)

View Item View Item