RANCANG BANGUN KEAMANAN RUANG KERJA MENGGUNAKAN MULTI SENSOR PIR BERBASIS IOT

MANALU, YUSUF BONI (2023) RANCANG BANGUN KEAMANAN RUANG KERJA MENGGUNAKAN MULTI SENSOR PIR BERBASIS IOT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img] Text
Cover Sampai DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi ruangan kerja yang sering kosong sering sekali mengakibatkan banyak kejadian yang tidak diinginkan diantaranya kehilangan barang-barang. Sehingga membuat kita tidak nyaman. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah alat yang bisa memantau sekaligus memonitoring keadaan ruangan kerja supaya dapat mengefektifkan pekerjaan dan kita juga lebih nyaman jika meninggalkan ruangan kerja dalam keadaan kosong. Dalam rancangan sistem keamanan ruangan berbasis Internet of Things dengan menggunakan aplikasi Bylink ini adalah pemasangan komponen perangkat keras dari sistem keamanan ini. Komponen yang pertama dirancang adalah RFID, RFID berfungsi sebagai akses masuk ruangan dari si pemilik kartu RFID tersebut dan setelah itu pemasangan mikrokontroler wemos d1 mini dan arduino yang berfungsi sebagai processing dari setiap komponen-komponen perangkat keras yang telah terpasang. langkah selanjutnya adalah tahap perancangan perangkat lunak database yang bertujuan untuk tempat penyimpanan data identitas dari si pemilik kartu RFID. Setelah itu dilakukan tahap pengujian komponen dari sistem keamanan tersebut untuk memastikan bahwa komponen sudah berjalan sesuai dengan konsep perancangan. Jarak maksimum deteksi objek oleh sistem adalah sejauh kurang lebih 7 meter, dengan tingkat konsistensi deteksi sebesar 90%. (tambahan) dengan demikian sistem yang dirancang dapat bekerja secara efektif untuk mendeteksi objek sejauh 7 meter dengan tingkat konsistensi lebih kurang 90%. Kata kunci: Rancang Bangun Keamanan Ruang Kerja Menggunakan Multisensor PIR Berbasis IOT, Sensor Pir, RFID, Blynk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ELK 22 034
NIM/NIDN Creators: 41416310052
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Rancang Bangun Keamanan Ruang Kerja Menggunakan Multisensor PIR Berbasis IOT, Sensor Pir, RFID, Blynk.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:54
Last Modified: 06 Mar 2024 01:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73525

Actions (login required)

View Item View Item