STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN SOSIAL (Sudut Pandang Guru) PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 4-6 DI SD X

MULYANINGSIH, SRI (2022) STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN SOSIAL (Sudut Pandang Guru) PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 4-6 DI SD X. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-02 Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
46116310011-SRI MULYANINGSIH-09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

The purpose this research is to describe how the social skill of 4, 5, and 6 class in Elementary school X. This study uses a descriptive quantitative approach. Respondents in this study were teachers and students of a predetermined class, with a purphosif sampling technique. Totally sample is 93 respondents. This research measurement used a social skill improvement system (SSIS) scale (Gersham and Elliot. 2008), modified from the Desmi (2020) measuring instrument with value of Cronbach Alpha is 0.831. The analysis technique used a quantitaive descriptive of the Independent sample T-Test and Anova. The result of this research indicate that the majority of respondents have social skill at a high level with a presentage 72% with 67 students, and at a medium level with percentage of 28% with 26 students. In this study, there were no different in the value of social skill based on student gender and age, while at the class level there were differentces student social skill. Social skill in children will continou to develop in accordance with the activities encountered daily. Keyword: Social skill, Elementary school ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana gambaran keterampilan sosial dari sudut pandang guru pada siswa kelas 4, 5 dan 6 di SD X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas yang telah ditentukan, dengan teknik sampling purphosif sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala social skill improvement system (SSIS) (Gresham dan Elliot,2008) yang di modifikasi dari alat ukur Desmi (2020) dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0.831. Teknik analisis data menggunakan studi deskriptif kuantitatif Independent Sample T Test dan Anova. Hasil data lapangan pada penelitian ini menunjukkan mayoritas responden memiliki keterampilan sosial pada tingkat tinggi dengan persentase sebesar 72% dengan 67 siswa, dan pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 28% dengan 26 siswa. Dalam penelitian ini tidak ditemukan perbedaan pada nilai keterampilan sosial siswa berdasarkan jenis kelamin dan usia, sedangkan pada tingkat kelas terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa. keterampilan sosial pada anak akan terus berkembang sesuai dengan kegiatan yang ditemui sehari-hari. Kata kunci: Keterampilan Sosial, Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI 22 016
NIM/NIDN Creators: 46116310011
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Sosial, Anak Sekolah Dasar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:06
Last Modified: 29 Dec 2022 06:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72945

Actions (login required)

View Item View Item