PERANCANGAN SISTEM AKUISISI DATA OTOMATIS DAN ANALISA KONSUMSI ENERGI BATERAI PROTOTIPE MOBIL EV KMLI PADA BEBAN STATIS DAN DINAMIS TERHADAP VARIASI KONDISI JALAN DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO

JUNIAR, ANDRIE REYNALDI (2022) PERANCANGAN SISTEM AKUISISI DATA OTOMATIS DAN ANALISA KONSUMSI ENERGI BATERAI PROTOTIPE MOBIL EV KMLI PADA BEBAN STATIS DAN DINAMIS TERHADAP VARIASI KONDISI JALAN DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 01 Cover.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 02 Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
41316320049 - Andrie Reynaldi Juniar - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

ABSTRAK Pemanasan global di Indonesia saat ini merupakan efek dari pembakaran bahan bakar fosil untuk transportasi, pembangkit listrik, dan industri. Sektor transportasi merupakan sektor yang menyumbang CO2 tertinggi yang dapat diminimalisir dengan pemanfaatan energi alternatif sebagai penggantiya. Mobil listrik sebagai alat transportasi yang diharapkan menggantikan kendaraan konvensional ini dituntut untuk menggunakan energi input yang minimum dengan tetap memiliki kehandalan pada baterai, kecepatan dan torsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mobillistrik prototipe EV KMLI secara real time pada beban statis dan dinamis kendaraan dengan menggunakan variasi jalan sesuai regulasi dari KMLI agar dapat diketahui tingkat konsumsi energi. Konsumsi energi ini akan dimonitoring dengan menggunakanalat yang telah dirancang untuk akuisi data secara otomatis berbasis arduino. Nilai parameter yang akan diukur setiap waktunya adalah tegangan, daya output motorlistrik,aruslistrik, kecepatan, power, dan akselerasi yang akan ditampilkan dalam bentuk profilkecepatan sebagai landasan untuk analisa terhadap konsumsi energi yang digunakan, variasi jalan dan perilaku driver saat mengemudi kendaraan dengan menggunakan metoda eksperimen. Dari hasil perancangan alat akuisi data secara otomatis didapat datategangan, arus dan rpm dengan akurasi diatas 90%. Pada pengujian dengan kondisi berat kendaraan total 178 kg dan pengemudi 55 kg didapatkan hasil penggunaan konsumsi baterai 0.4% jalan statis, 0.075% jalan lurus 100 m dan 0.03% jalan menanjak150 ± 1%. Kata Kunci : Baterai, Konsumsi Energi, Mobil Listrik ABSTRACT Global warming in Indonesia is currently the effect of burning fossil fuels for transportation, power generation and industry. The transportation sector is the sector that contributes the highest CO2, which can be minimized by using alternative energy as a substitute. Electric cars as a means of transportation that are expected to replace conventional vehicles are required to use a minimum energy input while still having the reliability of the battery, speed and torque. This study aims to determine the performance of the EV KMLI prototype electric car in real time on the vehicle's static and dynamic loads by using road variations according to KMLI regulations in order to determine the level of energy consumption. This energy consumption will be monitored using a device designed for automatic data acquisition based on Arduino. The parameter values that will be measured each time are voltage, electric motor output power, electric current, speed, power, and acceleration which will be displayed in the form of a speed profile as a basis for analysis of the energy consumption used, road variations and driver behavior when driving a vehicle. using experimental methods. From the results of the design of the data acquisition tool, the voltage, current and rpm data are automatically obtained with an accuracy of above 90%. In the test with a total vehicle weight of 178 kg and a 55 kg driver, the results of using a battery consumption of 0.4% for static roads, 0.075% for 100 m straight roads and 0.03% for 150 ± 1% uphill roads. Keyword : Batteries, Electric Car, Energy Consumption

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN 22 007
NIM/NIDN Creators: 41316320049
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Baterai, Konsumsi Energi, Mobil Listrik
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:31
Last Modified: 21 Dec 2022 06:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72672

Actions (login required)

View Item View Item