PENGUJIAN MESIN TRIBOMETER TIPE PIN ON DISK UNTUK MENGUKUR KEAUSAN SPESIMEN ALUMINIUM DENGAN STANDAR ASTM G 99

Riandra, Bobby Frandika (2022) PENGUJIAN MESIN TRIBOMETER TIPE PIN ON DISK UNTUK MENGUKUR KEAUSAN SPESIMEN ALUMINIUM DENGAN STANDAR ASTM G 99. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB 2)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB 3)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB 4)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB 5)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Tribometer merupakan perangkat alat uji yang digunakan untuk mengetahui nilai koefisien gesek, gaya gesek dan volume deformasi yang terjadi antara dua material yang saling kontak, dengan nilai tersebut didapatkan nilai keausan dari suatu material, ketahanan sifat material, umur optimal material dan acuan dalam perawatan dan pemeliharaan. Salah satu tipe tribometer yang kami rancang dan bangun adalah tribometer pin on disk. Mesin tersebut akan dilakukan pengujian dengan menggunakan spesimen uji guna mengetahui fungsional mesin tersebut dapat bekerja dengan baik atau tidaknya selama pengujian. Mesin uji tribometer pin on disk terdiri dari pin yang terbuat dari material tertentu dan disk juga dapat divariasikan sesuai dengan kebutuhan pengujian. Disk akan berotasi dan pin diberikan beban agar permukaan pin menekan pada permukaan disk. Aluminium dipilih sebagai spesimen uji dikarenakan memiliki nilai kekerasan lebih rendah daripada pin yang digunakan dimana hal tersebut menjadi prosedur pengujian tipe pin on disk. Penulis melakukan pengujian mesin tribometer tipe pin on disk untuk mengukur keausan Aluminium dengan standar ASTM G 99. Pengujian keausan dilakukan dengan 3 variasi pembebanan dan kecepatan putar yang bertujuan untuk mencari nilai laju keausan dan umur pakai Aluminium yang akurat. Selama proses pengujian keausan dari pengujian kesatu dengan menggunakan pembebanan sebesar 50 g dan kecepatan putar 100 rpm mendapatkan nilai laju keausan sebesar 0.006 mm³/s dan umur pakai aluminium selama 580.2 s. Pengujian kedua sampai dengan pengujian kesembilan mendapatkan nilai laju keausan yang semakin besar dan umur pakai yang semakin singkat seiring pertambahan nilai pembebaban dan kecepatan putar yang diberikan. Kata Kunci: Tribometer pin on disk, spesimen aluminium, laju keausan, umur pakai spesimen uji, variasi kecepatan putar, variasi pembebanan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41319120082
Uncontrolled Keywords: Tribometer pin on disk, spesimen aluminium, laju keausan, umur pakai spesimen uji, variasi kecepatan putar, variasi pembebanan.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 690.1-690.9 Standard Subdivisions of Planning, Anaysis, Engineering Design/Subdivisi Standar Dari Perencanaan, Analisa dan Teknik Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Dec 2022 02:31
Last Modified: 17 Dec 2022 02:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72538

Actions (login required)

View Item View Item