PEMBANGKIT LISTRIK PADA PIJAKAN KAKI MANUSIA DENGAN MEMANFAATKAN PIEZOELEKTRIK

SAPUTRO, AKBAR HADI (2022) PEMBANGKIT LISTRIK PADA PIJAKAN KAKI MANUSIA DENGAN MEMANFAATKAN PIEZOELEKTRIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

Listrik menjadi bagian penting bagi masyarakat baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan industri. Energi listrik merupakan penggerak ekonomi dunia yang keberadaannya sangat diutamakan. Konsumsmi listrik terus mengalami peningkatan rata-rata 6,7% per tahun. Krisis ketenagalistrikan di Indonesia sebagai akibat semakin menipisnya cadangan bahan bakar minyak khususnya dari bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui telah menuntut Indonesia untuk mencari sumber bahan bakar alternatif yang bersifat dapat diperbarui, maka dari itu perlu adanya pembangkit listrik dengan skala kecil menuju teknologi terbaharukan dan ramah lingkungan. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian dilakukan dengan membuat alat pengubah pijakan kaki menjadi energi listrik dengan piezoelektrik. Alat ini membandingkan pengaruh kapasitas kapasitor dengan lempengan piezoelektrik. Komponen yang digunakan adalah Piezoelektrik, kapasitor, dari 12 buah piezoelektrik dengan diameter yang bervariasi yaitu 50mm,dan 35mm yang dirangkai secara paralel dengan menggunakan alas akrilik. Kapasitor pembanding dengan ukuran menggunakan kapasitor 68µF, 100µF, 1000µF, dan 2200µF. Perancangan alat ini sebagai analisa tegangan, arus, dan daya yang dihasilkan pada piezoelektrik selama beberapa waktu untuk menyalakan LED. Sehingga dapat mengetahui berapa besar pengaruh kapasitor dengan piezoelektrik yang disusun secara paralel. Lalu, dapat mengetahui berapa lama pengisian baterai dengan piezoelektrik. Alat ini diharapkan mampu menganalisa kemampuan piezoelektrik sebagai sumber energi terbarukan pijakan kaki penghasil listrik. Kata Kunci : Batere, Kapasitor, LED, Piezoelektrik, Pijakan kaki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Batere, Kapasitor, LED, Piezoelektrik, Pijakan kaki.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:06
Last Modified: 13 Dec 2022 06:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72462

Actions (login required)

View Item View Item