SISTEM PRESENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN SENSOR SUHU UNTUK MENGURANGI PENYEBARAN VIRUS COVID - 19 BERBASIS IOT (Internet Of Things)

DEWITA, BETRI (2022) SISTEM PRESENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN SENSOR SUHU UNTUK MENGURANGI PENYEBARAN VIRUS COVID - 19 BERBASIS IOT (Internet Of Things). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Covid-19 merupakan jenis baru dan belum pernah teridentifikasi menyerang manusia, gejala dari covid-19 seperti sesak nafas, suhu tubuh diatas 37 derajat celcius, dan disertai demam, Masuknya covid-19 ke Indonesia, membuat pemerintah memberlakukan Work From Home (WFH), namun tidak semua perusahaan yang bisa memberlakukan WFH, saat karyawan datang kekantor harus mem astikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat dan tetap menjaga jarak (social distancing). Namun untuk permasalahan kontak fisik tersebut masih sangat sering di abaikan oleh sebagian orang dan Jika kita lihat saat ini beberapa perusahaan untuk pengecekan suhu tubuh masih dilakukan secara manual, Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem yang dibuat untuk mencegah adanya penularan virus covid-19, yaitu dengan cara membuat alat system presensi karyawan menggunakan sensor suhu untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 berbasis IOT. Pada penilitian ini menggunakan sensor suhu MLX90614 untuk membaca suhu tubuh non kontak yang terhubung dengan wemos D1 , kemudian menggunakan qr code untuk mengidentifikasi data karyawan, hasil pembacaan dari sensor suhu dan qr code akan ditampilkan disebuah applikasi android dengan menggunakan teknologi app inventor kemudian akan dikirim dan disimpan kedalam database google spreadsheet. Dalam penelitian membuat sebuah prototype untuk pengecekan suhu tubuh dan portal otomatis yang dikontrol oleh applikasi di android. Hasil ukur suhu tubuh menunjukkan rata-rata error sebesar 1.05%. Alat ini mampu mengontrol karyawan untuk masuk keruang kerja dengan suhu normal melalui sensor suhu dan applikasi presensi pada android karyawan. Kata Kunci: Covid-19, MLX90614, Qr Code,Wemos D1, App Inventor

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41420120089
Uncontrolled Keywords: Covid-19, MLX90614, Qr Code,Wemos D1, App Inventor
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 13 Dec 2022 05:11
Last Modified: 13 Dec 2022 05:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72453

Actions (login required)

View Item View Item