RANCANG BANGUN SISTEM CERDAS ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG DI AREA APARTEMEN DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR MQ-02

HAKIM, MUHAMMAD IQBAL (2022) RANCANG BANGUN SISTEM CERDAS ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG DI AREA APARTEMEN DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR MQ-02. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Hunian tempat tinggal merupakan kebutuhan utama yang diperlukan oleh setiap orang, dikarenakan lahan hunian semakin lama semakin sedikit, akhirnya hunian bertingkat menjadi salah satu pilihan pada jaman sekarang ini. Hunian bertingkat memiliki beberapa kekurangan, seperti kurangnya ventilasi udara dan rawannya kebakaran yang salah satu penyebab utamanya yaitu kebocoran gas LPG. Internet Of Things (IOT) adalah konsep mengenai objek tertentu yang memiliki manfaat untuk berinteraksi dan mengkomunikasikan sebuah sistem untuk menerima dan mengirim data melalui jaringan internet. Pemanfaatan Internet Of Things (IOT) di dalam hunian bisa sebagai sistem informasi yang cepat dan tepat. Permasalahan yang ada di area hunian yang rawan akan kebakaran yaitu karena minimnya pengentahuan masyarakat akan adanya indikasi kebocoran gas LPG. Kondisi tersebut dapat menyebabkan keterlambatan mengetahui akan adanya bahaya kebocoran gas sehingga terjadilah kebakaran. Berdasarkan kondisi tersebut maka penelitian dilakukan dengan membuat rancang bangun sistem cerdas alat pendeteksi kebocoran gas lpg di area apartemen dengan menggunakan sensor gas MQ-02. Sistem kontrol yang digunakan adalah modul NodeMCU ESP8266 sebagai penunjang Internet Of Things (IOT) pada sistem. Pada metodologi penelitian digunakan beberapa metode yaitu metode pustaka yang bersumber pada literatur, metode perancangan dengan membuat rancang bangun, dan metode pengujian dengan melakukan simulasi. Pada penelitian yang dilakukan maka diketahui pengujian sistem memerlukan kecepatan internet yang stabil. Nilai kecepatan internet saat pengujian sistem yaitu bernilai rata – rata unduh 21 Mbps dan bernilai rata – rata unggah 7.75 Mbps. Nilai kecepatan sensitifitas sensor MQ-02 dalam mendeteksi kebocoran gas yaitu 3.2 detik. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan Telegram yaitu 5.5 detik. Ada selisih waktu antara nilai sensitifitas sensor MQ-02 dan nilai waktu Telegram yaitu 2.3 detik. Kata kunci : Pendeteksi, kebocoran gas, LPG, MQ-02, internet of things, Telegram, NodeMCU ESP8266, hunian, apartemen.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41420120067
Uncontrolled Keywords: Pendeteksi, kebocoran gas, LPG, MQ-02, internet of things, Telegram, NodeMCU ESP8266, hunian, apartemen.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:57
Last Modified: 13 Dec 2022 04:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72450

Actions (login required)

View Item View Item