RANCANG BANGUN APLIKASI WEB AUDIT ENERGI LISTRIK GEDUNG BERDASARKAN PERHITUNGAN INTENSITAS KONSUMSI ENERGI (IKE)

KURNIASIH, ATIKA (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI WEB AUDIT ENERGI LISTRIK GEDUNG BERDASARKAN PERHITUNGAN INTENSITAS KONSUMSI ENERGI (IKE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. LEMBARAN COVER.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan energi listrik di Indonesia sangat menjadi perhatian, hampir setiap sektor kehidupan melakukan inovasi dalam hal pemanfaatan penggunaan energi listrik. Bangunan Gedung perkantoran adalah salah satu sektor potensial yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap kebutuhan energi listrik sebagai sistem operasional di indonesia. Audit energi menjadi kegiatan yang sangat penting dalam setiap strategi pengelolaan energi. Namun, metodologi manual audit energi umumnya memakan waktu lama, terlebih rawan kesalahan, dan membutuhkan personel aktor yang sangat terampil untuk melakukan pengauditan energi pada listrik. Dengan demikian, diadakan sebuah inovasi membuat perangkat lunak berupa website audit energi listrik gedung untuk mengimplementasikan algoritma parameter audit energi agar mempermudah pengolahan data audit energi listrik gedung khususnya dalam menggunakan parameter perhitungan nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE). Penelitian tugas akhir ini menggunakan metode studi literatur, observasi, konsultasi, eksperimen dan Analisa data gedung Plaza SUA. Dengan melakukan pengumpulan informasi data beban listrik pada gedung, dan perancangan sistem. Selanjutnya dilakukan breakdown manual data dari jenis beban listrik terpasang sesuai dengan waktu pemakaian dan diolah berdasarkan algoritma perhitungan energi listrik, intensitas konsumsi energi (IKE), peluang penghematan energi (PHE), serta estimasi biaya pada pemakian beban listrik sesuai dengan standar standart yang berlaku di Indonesia yaitu SNI 6196-2011 tentang Prosedur Audit Energi. Kemudian data tersebut diimplementasikan pada sistem website untuk mendapatkan hasil nilai perbandingan nilai perhitungan manual dengan perhitungan sistem perangkat lunak website audit energi listrik gedung. Berdasarkan analisa dan pengujian yang dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi penggunaan perangkat lunak website dapat dilakukan dengan memasukkan data penggunaan beban listrik ke dalam program aplikasi. Hasil perhitungan pada website dan perhitungan manual adalah sama, sehingga website audit energi dapat beroperasi sesuai dengan algoritma yang di rancang, dan dari pengolahan data gedung diperoleh hasil perhitungan yang akurat, proses pengolahan data yang dapat menghemat waktu, dan estimasi biaya yang mendekati. Dari hasil pengujian audit energi listrik pada PLAZA SUA total pemakaian daya beban per bulan mei sebesar 59651,71 kWh/bulan. Dengan nilai IKE per bulan sebesar 2,79 kWh/m 2 /bulan dan estimasi IKE per tahun sebesar 33,442 kWh/m 2 /tahun, sehingga dikategorikan untuk Gedung PLAZA SUA yaitu termasuk dalam kategori Efisien dalam pemakaian energi listrik sehingga tidak dilakukan peluang hemat energi. Dan untuk estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan rekening bulan mei sebesar Rp. 63.639.630,-/bulan dengan memiliki persentase nilai error sistem sebesar -0,140000895 %. Kata Kunci : Audit Energi, perangkat lunak, website, IKE, PHE.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41420120062
Uncontrolled Keywords: Audit Energi, perangkat lunak, website, IKE, PHE.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:22
Last Modified: 13 Dec 2022 04:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72446

Actions (login required)

View Item View Item