APLIKASI PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN BAKAT PADA GENERASI Z BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SANGGAR SWARGALOKA)

MAULANA, REZA ARYA (2022) APLIKASI PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN BAKAT PADA GENERASI Z BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SANGGAR SWARGALOKA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 02 Cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 03 Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 10 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
41818210033 - Reza Arya Maulana - 11 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)

Abstract

ABSTRAK Nama NIM Pembimbing TA Judul Pada pandemi : : : : Reza Arya Maulana, 41818210033, Fitria Gustiani, Kevin Sujono 41818210007, 41818210009 Dwi Ade Handayani Capah, S.Kom, M.Kom Aplikasi Pembelajaran Tari Tradisional Indonesia Sebagai Media Pengembangan Bakat Pada Generasi Z Berbasis Web (Studi Kasus : Sanggar Swargaloka) COVID19, pemerintah membatasi kegiatan masyarakat untuk mengurangi penularan virus corona. Salah satu dampak pembatasan tersebut yaitu pada kegiatan pe mbelajaran . Sanggar Swargaloka merupakan salah satu organisasi nirlaba yang menggunakan budaya tradisional sebagai basis keseniannya yang selama pandemi mengharuskan kegiatan pembelajaran dihentikan sementara. Tidak hanya kegiatan pembelajaran, acara yang diselenggarakan sanggar terkena dampaknya. Sehingga minat masyarakat dalam belajar tari di Sanggar mulai berkurang. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi pembelajaran tari seb agai media untuk masyarakat khususnya generasi z dalam belajar tari tradisional. Aplikasi dibuat menggunakan metode PIECES dalam menganalisa sistem berjalan dan untuk membangun sistem menggunakan metode Prototype. Hasil penelitian adalah aplikasi pembelaja ran tari berbasis web dengan fitur seperti kursus, membantu calon peserta mempelajari tari tradisional dengan guru tari yang dilakukan secara online camera selama pandemi dan menjadi media untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kegiatan pemb elajaran dan acara seni yang diselenggaran oleh sanggar swargaloka. Untuk kedepannya penulis berharap sistem ini dapat dikembangkan dari segi pembayaran, baik pembayaran kursus dan acara seni menggunakan sistem payment gateway. Kata Kunci : Web , PIECES , P rototype , Pembelajaran. ABSTRACT Name Student Number Counsellor Title During the COVID : : : : Reza Arya Maulana, Fitria Gustiani, Kevin Sujono 41818210033, 41818210007, 41818210009 Dwi Ade Handayani Capah, S.Kom, M.Kom Aplikasi Pembelajaran Tari Tradisional Indonesia Sebagai Media Pengembangan Bakat Pada Generasi Z Berbasis Web (Studi Kasus : Sanggar Swargaloka)19 pandemic, the government limited public activities to reduce the transmission of the cor ona virus. One of the impacts of these restrictions is on learning activities. Sanggar Swargaloka is a nonprofit organization that uses traditional culture as a basis for its arts, which during the pandemic requires that learning activities be temporarily suspended. Not only learning activities, events organized by the studio were affected. So that people's interest in learning dance in the studio began to decrease. From these problems, a dance learning application was made as a medium for the community, e specially Generation Z in learning traditional dance. Applications are made using the PIECES method in analyzing the running system and to build the system using the Prototype method. The result of the research is a webbased dance learning application wit h features such as courses, helping prospective participants to learn traditional dance with a dance teacher by online camera during the pandemic and becoming a medium to provide information to the public about learning activities and art events organized by the swargaloka studio. In the future, the author hopes that this system can be developed in terms of payment, both payment for courses and art events using a payment gateway system. Keywords: Web, PIECES, Prototype, Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI 22 014
NIM/NIDN Creators: 41818210033
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Web , PIECES , P rototype , Pembelajaran.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:43
Last Modified: 07 Dec 2022 07:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72265

Actions (login required)

View Item View Item