HARDI, REYNALDI PUTRA WIDIA (2022) SISTEM INFORMASI DAN PEMBELAJARAN BATIK MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: RUMAH BATIK PALBATU). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 02 Cover.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 03 Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text
41818210019 - Reynaldi Putra Widia Hardi - 11 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama NIM Pembimbing TA Judul : Reynaldi Putra W. H : 4181821001 9 , Yudha Parditya Gani , 418182100 : Tazkiyah Herdi, S.Kom, MM , 0 1, 41818210023 Yesua : Sistem Informasi Dan Pembelajaran Batik Menggunakan Metode Blended Learning Rumah Batik Palbatu) Berbasis Android (Studi Kasus : Batik adalah produk kesenian Indonesia yang banyak disukai oleh banyak negara. Sampai sekarang, batik dikenal s ebagai salah satu karya yang sudah menjadi kebanggaan negara Indonesia. Di era globalisasi dan adanya perkembangan zaman pada saat ini menyebabkan banyaknya fashionfashion lokal yang sudah terabaikan, salah satunya adalah batik. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kita sebagai generasi muda penerus bangsa untuk dapat menjaga batik sebagai kebudayaan dan warisan negara Indonesia adalah dengan menumbuhkan semangat berpakaian batik. Rumah Batik Palbatu selama pandemi mengharuskan kegiatan pembejalaran h arus dihentikan sementara. Tidak hanya kegiatan pembelajaran, kegiatan acaraacara yang diselenggarakan oleh Rumah Batik Palbatu pun terkena dampaknya. Sehingga minat masyarakat dalam belajar membatik di daerah Jakarta mulai berkurang. Dari permasalahan ya ng terjadi maka dibuatlah aplikasi pembelajaran membatik sebagai media untuk masyarakat khususnya di kota besar seperti Kota Jakarta. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode pengembangan Prototype. Hasil penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran tentang m embatik berbasis android yang membantu masyarakat yang ingin belajar membatik serta membantu Rumah Batik Palbatu untuk berkegiatan baik pembelajaran maupun mengadakan acara. Dengan fitur seperti Course membantu peserta untuk mempelajari tentang batik denga n membaca materi online maupun diajarkan cara membatik secara langsung ( Offlinemateri secara ) dengan guru dari Rumah Batik Palbatu. Dengan aplikasi ini juga user juga dapat melakukan pemesanan ticket eventKat event atau seminar seputar kesenian membatik. a Kunci : Batik, Rumah Batik Palbatu, Aplikasi, Prototype , Pembelajaran. ABSTRACT Name Student Number Counsellor Title : Reynaldi Putra W. H : 4181821001 9 , Yudha Parditya Gani , 418182100 : Tazkiyah Herdi, S.Kom, MM : Sistem Informasi , 0 1, 41818210023 Yesua Dan Pembelajaran Batik Menggunakan Metode Blended Learning Rumah Batik Palbatu) Berbasis Android (Studi Kasus : Batik is an Indonesian art product that is favored by many countries. Until now, batik is known as one of the works that has becom e the pride of the Indonesian state. In the era of globalization and the current developments, there are many local fashions that have been neglected, one of which is batik. One of the ways that we as the younger generation of the nation's successors can d o to be able to maintain batik as a culture and heritage of the Indonesian state is to cultivate the spirit of wearing batik. Rumah Batik Palbatu during the pandemic requires learning activities to be temporarily suspended. Not only learning activities, ev ents organized by Rumah Batik Palbatu were also affected. So that people's interest in learning batik in the Jakarta area began to decrease. From the problems that occurred, batik learning applications were made as a medium for the community, especially in big cities like Jakarta. This application is made using the Prototype development method. The result of this research is an androidbased learning application about batik that helps people who want to learn batik and helps Rumah Batik Palbatu for activiti es both learning and holding events. With features such as the Course, it helps participants to learn about batik by reading materials online or being taught how to make batik directly (Offline) with a teacher from the Rumah Batik Palbatu. With this applic ation, users can also order tickets for events or seminars about the art of batik. Keywords: Batik, Rumah Batik Palbatu, Application, Prototype, Learning.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FIK/SI 22 011 |
NIM/NIDN Creators: | 41818210019 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Batik, Rumah Batik Palbatu, Aplikasi, Prototype , Pembelajaran. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:00 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72240 |
Actions (login required)
View Item |