SISWANTO, ISAK HERI (2022) ANALISIS DAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PENERBITAN SURAT TAGIHAN PAJAK PADA KPP PRATAMA JAKARTA KEBAYORAN BARU DUA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3.ISAK HERI SISWANTO 5511912001 Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text (BAB II)
4.ISAK HERI SISWANTO 5511912001 Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text (BAB III)
5.ISAK HERI SISWANTO 5511912001 Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (BAB IV)
6.ISAK HERI SISWANTO 5511912001 Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
||
Text (BAB V)
7.ISAK HERI SISWANTO 5511912001 Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.daftar pusaka.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9.lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The Pratama Jakarta Tax Service Office Kebayoran Baru Dua (KPP KB Dua) is one of the vertical units of the Directorate General of Taxes whose task is to serve the fulfillment of tax administration for taxpayers in the Kebayoran Baru district. One of the tasks of KPP KB Dua is to supervise payment compliance and/or reporting of taxpayers' tax returns. Surat Tagihan Pajak (STP) is one of the products produced in this supervision activity. In the period 2016 – 2020 KPP KB Dua on average was able to issue 51.1% of STPs of the total number of STPs that should have been issued. There are several problems that cause there are still many STPs that have not been issued, especially related to the STP issuance workflow. Initial research shows that there are several forms of waste in the STP issuance workflow. The time required to issue 1 STP using the as-is business process is 32 minutes. To increase the productivity of STP issuance, it is necessary to improve the STP issuance workflow using the streamlining method of the STP issuance workflow. The results of the research show that the completion time of STP issuance using the to-be business process is 7 minutes, so it can save 25 minutes of STP issuance completion time per STP. Keywords : Produktivitas Penerbitan STP, Waste, Streamlining, Business Process Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru Dua (KPP KB Dua) merupakan salah satu unit vertikal dari Direktorat Jenderal Pajak yang bertugas untuk melayani pemenuhan administrasi perpajakan wajib pajak disebagian wilayah Kecamatan Kebayoran Baru. Salah satu tugas dari KPP KB Dua adalah melakukan pengawasan kepatuhan pembayaran dan/atau pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) wajib pajak. Surat Tagihan Pajak (STP) merupakan salah satu produk yang dihasilkan dalam kegiatan pengawasan tersebut. Dalam kurun waktu 2016 – 2020 KPP KB Dua rata-rata dapat menerbitkan 51,1% STP dari total jumlah STP yang seharusnya diterbitkan. Terdapat beberapa masalah yang menyebabkan masih banyaknya STP yang belum diterbitkan, terutama terkait dengan alur kerja penerbitan STP. Penelitian awal menunjukkan terdapat beberapa bentuk pemborosan atau waste dalam alur kerja penerbitan STP. Waktu yang dibutuhkan untuk menerbitkan 1 STP dengan menggunakan proses bisnis as-is adalah sebanyak 32 menit. Untuk meningkatkan produktivitas penerbitan STP maka dilakukan perbaikan alur kerja penerbitan STP menggunakan metode streamlining terhadap alur kerja penerbitan STP. Hasil penelitan menunjukkan waktu penyelesaian penerbitan STP dengan menggunakan proses bisnis to-be adalah sebanyak 7 menit, sehingga dapat menghemat waktu penyelesaian penerbitan STP sebanyak 25 menit per STP. Kata Kunci : Produktivitas Penerbitan STP, Waste, Streamlining, Bisnis Proses
Actions (login required)
View Item |