KUSMANTO, ARIS (2008) ANALISA PROSES DAN KINERJA SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI PT BAF. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan01.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI01.pdf Download (8kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan01.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.Landasan Teori01.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III Metodologi Penelitian02.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV Pengumpulan dan Pengolahan Data01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V Analisa01.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB VI Kesimpulan01.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
Abstract
Marketing is a process of making human satisfy with their need. Its start from product, price, place and promotion. At the actual field the marketing concept is very close with sales. The decision for start production from raw material to be finish good is formulated by sales and marketing departement at the company. Purchase Order is a response of quotation. It means that there is no purchase if there is no quotation. Because of customer increase with many kind of product types make the quotation process more slow. Basically customer satisfy with BAF products performance, but they are complaint about slow of response time when they send an inquiry quotation. Customer really need the quotation to prepare the purchase order. This final duty try to lift a case of analisys that happended in PT.BAF, by analyze the process and information system performance at the sales departement. The analisys is done by review of the process diagram, flowchart and time of making the quotation. From the flowchart we can see the whole activity included the non productive activity at the sales departmenet. Expected that the non productive activity can be eliminated and turn into productive activity. MCE methode indicated that the efectivitas of the sales departement is increase, means that with the same input they can make higher output. The result of the analysis, seen that there is better response time of making the quotation, not later than 1 day. Also with this information system PT. BAF can save the paper work for each quotation because users not need to print out the report. This information system makes the data more tidy and useful for other department as like engineering, production and management. Key Word : - Information System, MCE, Database Access. Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Mulai dari pemenuhan produk, harga, pengiriman barang dan mempromosikan barang. Pada praktiknya di lapangan konsep pemasaran erat kaitannya dengan bagian penjualan. Perintah untuk melaksanakan kegiatan produksi yaitu kegiatan untuk mengolah material menjadi sebuah produk yang diinginkan umumnya akan diformulasikan oleh Departemen Penjualan dan Pemasaran (Sales and Marketing Departement) dari sebuah perusahaan. Terciptanya sebuah pembelian berawal dari penawaran harga. Artinya, tidak akan ada pembelian jika tidak ada penawaran harga. Semakin banyaknya pelanggan dan type produk yang masuk menjadikan proses pembuatan penawaran harga semakin terhambat dan memerlukan waktu lebih lama. Pada dasarnya pelanggan puas dengan kualitas produk dari PT.BAF, hanya terjadi banyak keluhan tentang lambatnya response time jika pelangan meminta penawaran harga. Sedangkan pelanggan membutuhkan penawaran ini untuk persiapan pembuatan Parchase Order. Tugas Akhir ini mencoba mengangkat sebuah analisis kasus yang terjadi di PT.BAF, dengan meninjau penerapan system informasi untuk meningkatkan layanan pra jualnya. Analisis dilakukan dengan cara melihat kembali diagram sistem yang sedang berjalan, peta aliran proses , waktu proses hingga terkirimnya penawaran harga. Dari peta aliran proses, dapat terlihat semua aktivitas, yang terlibat dalam proses pembuatan penawaran di departemen sales. Diharapkan aktivitas non produktif dapat dihilangkan, dan diubah menjadi aktivitas produktif. Metode MCE menunjukan adanya peningkatan efectivitas dari departemen sales, artinya dengan jumlah sumber daya yang sama mampu memberikan output penawaran yang lebih banyak. Dari hasil analisis di PT. BAF, terlihat bahwa dengan adanya penerapan Sistem Informasi berbasis Access, proses pembuatan penawaran menjadi lebih mudah dan cepat. Mulai dari proses permintaan sampai proses penawaran jika semua data pendukung terpenuhi rata rata tidak lebih dari 1 hari. Penerapan sistem informasi ini juga meminimalkan file-file hard copy dan soft copy pendukung serta semua data terdata dengan rapi dan dapat digunakan oleh departemen lain seperti; engineering, produksi dan management yang memerlukan informasi. Kata Kunci : - Sistem Informasi, MCE, Database Access
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 4160412-010 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, MCE, Database Access |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71296 |
Actions (login required)
View Item |