EVALUASI PERENCANAAN STRATEGIS PERUSAHAAN PADA UD. LEWIS

Murti, Wisnu (2003) EVALUASI PERENCANAAN STRATEGIS PERUSAHAAN PADA UD. LEWIS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Tesis Gabungan - I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (Bab 1- Lampiran)
Tesis Gabungan - II new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)

Abstract

UD. LEWIS didirikan pada bulan okober 1998, bergerak di bidang usaha sebagai spesialis pemasok pita-pita printer dengan segmen pasar usaha pada sektor perbankan. Pertumbuhan usaha pada UD. LEWIS cukup baik dengan pertumbuhan penjualan setiap tahunnya mencapai rata-rata 67 % sampai dengan akhir tahun 2002. Dan pada tahun berjalan, UD. LEWIS masih menunjukan kemajuan yang cukup baik dengan menghasilkan pertumbuhan penjualan rata-rata sampai dengan agustus 2003 sekitar 59 % dari angka akhir tahun 2002. LEWIS merasa yakin bahwa usahanya memiliki kekuatan yang baik untuk dapat bersaing dan terus mengembangkan usahanya. Namun seiring dengan pertumbuhan pangsa pasarnya, akhir-akhir ini UD. LEWIS sering menemukan dan merasakan adanya singgungan persaingan yang cukup berarti dari perusahaan sejenis yang baru terungkap. Sehingga hal tersebut mengakibatkan manajemen UD. LEWIS menjadi ragu. Apakah benar usahanya memiliki kekuatan yang cukup untuk bersaing, dan akankah usahanya bertahan dengan baik atau mungkin justru sewaktu-waktu akan terbalik dan jatuh. Ketidakyakinan ini muncul disebabkan karena selama ini manajemen UD. LEWIS berjalan hanya dengan mengandalkan instuisi bisnis pemilik usaha (manajemen tradisional) tanpa didukung konsep strategi bisnis yang jelas. Oleh karena itu dalam tesis ini, penulis yang juga sebagai pemilik UD. LEWIS mencoba melakukan evaluasi perencanaan strategis perusahaan dengan menggunakan analisis GE Matriks. Dengan harapan setelah diketahui posisi kekuatan dan daya tarik bisnis yang sesuai dengan potensinya, maka untuk masa mendatang UD. LEWIS dapat memiliki strategi yang tepat untuk bersaing dan mengembangkan terus usahanya. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode analisis SWOT untuk mengidentifikasi variabel penelitiannya. Kemudian menggunakan EFE Matriks dan IFE Matriks untuk menghitung nilai total dari faktor internal dan eksternalnya. Agar lebih akurat dalam penentuan bobot prioritas untuk kedua matrik tersebut, penulis menggunakan metode AHP dan dibantu aplikasi expert-choice versi 2000 untuk pemerosesannya. Selanjutnya total nilai dari kedua matriks tersebut di atas dipetakan kedalam GE Matriks, setelah itu diambil strategi bisnis dari GE matriks tersebut sesuai dengan sel matrik yang terpilih. Kesimpulan penulis dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa strategi UD. LEWIS yang sudah ditetapkan cukup tepat, kemudian UD. LEWIS memiliki posisi kekuatan dan daya tarik bisnis dalam tingkatan sedang. Serta masa depan UD. LEWIS bisa terus berkembang atau mungkin juga sebaliknya, tergantung dari upaya saat ini dalam hal memanfaatkan potensi dan mengantisipasi ancaman-ancaman yang ada. Adapun saran yang dapat disampaikan dari hasil penulisan ini adalah langkah-langkah dalam upaya untuk memperbaiki posisi kekuatan dan daya tarik usaha, agar UD. LEWIS dapat bersaing dan mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 1310101-042
Additional Information: FILE cd digabung (ORYZA/ 31/10/2022)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:55
Last Modified: 02 Nov 2022 08:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71122

Actions (login required)

View Item View Item