STUDI PENERAPAN JISHUKEN DALAM PENURUNAN LEAD TIME PRODUKSI

RAMADHAN, MOHAMMAD EDDY (2009) STUDI PENERAPAN JISHUKEN DALAM PENURUNAN LEAD TIME PRODUKSI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
Cover & Daftar Isi Tesis M. Eddy R.pdf

Download (159kB)
[img] Text (Tesis)
Final TESIS M. Eddy Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

This research aim to know influence from jishuken program in degrading lead time produce. This research conducted by using quantitative method by using data lead time production which got or calculated in production in januari 2007. This research conducted in PT Taiho Nusantara. Jishuken program is represent program to apply Toyota System that is Toyota Production System ( TPS). Jishuken is also represent tool in improving and improve;repairing productivity. Toyota Production System is total activity of company to reach it. Pursuant to awareness to eliminate extravagance ( Muda) totally, searching rasionalitas of the way of manufacture, and develop better technique manufacture. So the point is try to degrade production cost by eliminated extravagance in production completely. With this Jishuken program is expected can degrade lead time produce by using kanban system, work generalization ( Heijunka) and eliminate things which not have added value (Muda). Use Kanban system in production can assist and facilitate production in controlling stock and total quantity product produced with delivery time expected on schedule or Just In Time ( JIT), can reckon stock amount surely consideredly cycle issue product intake fluctuation from customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari program jishuken dalam menurunkan lead time produksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data lead time produksi yang didapat atau dihitung dalam produksi, mulai januari 2007 sampai dengan february 2007. Penelitian ini dilakukan di PT Taiho Nusantara. Program Jishuken ini merupakan program untuk menerapkan system toyota yaitu Toyota Production System (TPS). Adapun jishuken itu sendiri juga merupakan tool dalam meningkatkan dan memperbaiki produktifitas. Toyota Production System adalah aktifitas pada tingkat total ( keseluruhan ) perusahaan untuk mencapai hal tersebut, berdasarkan kesadaran untuk menghilangakan pemborosan (Muda) secara menyeluruh, mencari rasionalitas cara manufacture, dan mengembangkan teknik manufacture yang lebih baik. Jadi intinya adalah berusaha menurunkan biaya produksi dengan menghilangkan pemborosan dalam produksi secara tuntas. Dengan program Jishuken ini diharapkan dapat menurunkan lead time produksi dengan menggunakan system kanban, pemertaan pekerjaan (Heijunka) dan menghilangkan hal-hal yang tidak menghasilkan nilai tambah (Muda). Penggunaan kanban system dalam produksi dapat membantu dan memudahkan produksi dalam mengontrol stock dan jumlah produk yang diproduksi dengan waktu pengiriman yang diharapkan tepat waktu atau Just In Time (JIT), dapat memperhitungkan jumlah stock secara pasti dengan mempertimbangkan cycle issue dan fluktuasi pengambilan produk dari customer.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-196
NIM/NIDN Creators: 55106110046
Additional Information: File tesis tidak dapat dibuka, yang dapat dibuka hanya cover.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:05
Last Modified: 28 Oct 2022 07:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71092

Actions (login required)

View Item View Item