PENGARUH IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KESEMPATAN TUMBUH, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP PRICEEARNING RATIO

PRASETYO, HARY (2008) PENGARUH IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE, KESEMPATAN TUMBUH, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP PRICEEARNING RATIO. S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Bab Full)
Pengaruh GCG,ROE,CTAR Terhadap PER (Hary Prasetyo - 1310312-031).pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat penerapan GCG di perusahaan yang diwakili oleh Index GCG yang didapat dari hasil survey penerapan GCG oleh Indonesia Institute of Corporate Governance, Return on Equity sebagai gambaran profitabilitas perusahaan, dan kesempatan tumbuh perusahaan yang diwakili dengan Capital Expenditure to Total Asset Ratio (CTAR), terhadap Price Earning Ratio (PER) sebagai gambaran tingkat ekspektasi investor atau pemegang saham terhadap investasi yang mereka lakukan. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang berpartisipasi dalam survey penerapan GCG selama kurun waktu tahun 2001 sampai 2004 sebagai populasi penelitian. Sementara metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda baik per tahun maupun secara simultan dari seluruh variabel penelitian yang disebutkan di atas. Hasil dari penelitian terhadap variabel penelitian per tahun menerangkan hanya tahun 2004 keseluruhan variabel penelitian secara bersama-sama baik GCG Indeks, ROE, dan CTAR yang memiliki hubungan secara signifikan dengan PER, tetapi tidak secara individual, sementara untuk tahun 2001 sampai dengan 2003 baik secara individual maupun secara bersama-sama keseluruhan variabel independen tidak memiliki hubungan dengan variabel dependen. Hasil penelitian secara simultan juga menerangkan tidak ada variabel independen yang memiliki hubungan dengan variabel dependen. Hal ini menggambarkan bahwa ketiga variabel independen harus secara bersama-sama bersinergi untuk dapat mempengaruhi variabel dependen dengan catatan seluruh variabel yang mempengaruhi variabel penelitian sama atau mendekati kondisi yang terjadi pada tahun 2004. Tidak adanya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen juga menggambarkan bahwa variabel dependen yaitu PER banyak dipengaruhi selain faktor fundamental perusahaan juga faktor eksternal yang perlu diteliti lebih jauh oleh peneliti berikutnya supaya hasil regresi yang didapatkan dapat dijadikan alat prediksi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-112
NIM/NIDN Creators: 1310312-031
Uncontrolled Keywords: MKU, MANAJEMEN KEUANGAN
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:09
Last Modified: 28 Oct 2022 03:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71067

Actions (login required)

View Item View Item