PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK POLA PIKIR ANAK ANAK BERBASIS ANDROID

SEBAYANG, EDWIN BAHROSE (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK POLA PIKIR ANAK ANAK BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
JURNAL 41516110029 EDWIN BAHROSE SEBAYANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The research conducted resulted in educational gaming media that use Android systems. In this day and age many children are busy playing games to get rid of boredom. So it is necessary to develop learning media that utilize whatever children love such as educational games with the aim of attracting attention and increasing the effectiveness of learning. Educational games are games that are packaged to stimulate thinking power and include one way to train to increase the concentration of users (children). The use of educational games in the process of learning to teach children is one of the right ways, because educational games as visual media have advantages compared to other visual media. In addition, educational games invite players to participate and participate in determining the final result of the Game. The educational game development methods used in this report use the stages of Luther (1994). This development has 6 stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution, Sutopo (2003) adopted luther methodology by modifying (Binanto, 2010). This educational game has 3 menus: animal materials, games, and about, where in each menu has several submenu. Educational games accompanied by attractive designs, animations and color variations make it interesting to use for children at an early age. Key words: Analysis , Data Mining, Educational Games, Development, Android Penelitian yang dilakukan menghasilkan media game edukasi yang menggunakan sistem Android. Pada zaman ini banyak anak sibuk memainkan game untuk menghilangkan rasa bosan. Maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan apapun yang digemari anak – anak seperti game edukasi dengan tujuan menarik perhatian dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih meningkatkan konsentrasi penggunanya (anak-anak). Pemanfaatan teknologi Game edukasi pada proses belajar mengajar anak merupakan salah satu cara yang tepat, karena Game edukasi sebagai media visual memiliki kelebihan dibandingkan dengan media visual yang lain. Selain itu Game edukasi mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan hasil akhir dari Game tersebut. Metode pengembangan Game edukasi yang di gunakan dalam laporan ini menggunakan tahapan-tahapan Luther (1994). Pengembangan ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution, Sutopo (2003) mengadopsi metodologi luther dengan memodifikasi (Binanto,2010. Game edukasi ini memiliki 3 menu yaitu: materi hewan, permainan, dan tentang, dimana di dalam setiap menu memiliki beberapa submenu. Game edukasi disertai desain, animasi dan variasi warna yang atraktif membuat menarik untuk digunakan bagi anak-anak di usia dini. Kata kunci: Analisis , Data Mining, Game Edukasi, Pengembangan, Android

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/INFO. 22 045
NIM/NIDN Creators: 41516110029
Uncontrolled Keywords: Analisis , Data Mining, Game Edukasi, Pengembangan, Android
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.1 Education/Pendidikan
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 743 Drawing and Drawings by Subject/Gambar Menurut Subjek, Menggambar Menurut Subjek > 743.4 Drawing Human Figures/Gambar Bentuk Manusia, Menggambar Bentuk Manusia > 743.45 Chidren/Anak-anak
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:59
Last Modified: 24 Oct 2022 06:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70854

Actions (login required)

View Item View Item