RANCANG BANGUN PROTOTYPE FUEL HEATER PADA KENDARAAN BERMESIN DIESEL

HAMID, LUTHFI (2022) RANCANG BANGUN PROTOTYPE FUEL HEATER PADA KENDARAAN BERMESIN DIESEL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)

Abstract

The imperfect combustion process will be a problem in the development effort of diesel engine’s performance. Nonhomogen air–fuel mixing process is one of the factors which cause the imperfect combustion.By heating up the diesel solar up to a certain temperature before it goes through the high pressure injection pump will lower its density and viscosity. Therefore, when injected in the combustion chamber, it will formed smaller droplets of fuel spray which result in a more homogenious air–fuel mixture. Solar has a pour point or freezing point of -3ºC. This prototype is designed to prevent freezing or clumping of fuel in diesel engines due to low temperatures. This prototype detects the presence of cold temperatures in diesel fuel using the LM35 temperature sensor and is set to get a heating signal from the relay when the diesel fuel temperature is <10ºC. Followed by a buzzer sound indicating the temperature in diesel fuel <10ºC and the LED lights up as a sign that heater in condition. The heater will turn off automatically if the temperature of the diesel fuel is >30ºC, in which case the temperature of the diesel fuel will be displayed on the LCD screen. In this research, the authors conducted 5 experiments with temperatures <10ºC with an average temperature of 9.187ºC and after that increasing the temperature >30ºC with an average of 31.146ºC. From the five experiments, it was found that the prototype worked well, the heater was on when the temperature in the diesel fuel was <10ºC and when the temperature rose >30ºC the heater was off. Key words : Diesel, Solar, LM35, Arduino UNO Microcontroller Proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadi kendala dalam upaya pengembangan performa mesin diesel. Proses pencampuran udara-bahan bakar yang tidak homogen merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.Dengan pemanasan solar solar hingga suhu tertentu sebelum melewati pompa injeksi tekanan tinggi akan lebih rendah densitas dan viskositasnya. Oleh karena itu, ketika disuntikkan ke dalam ruang bakar, akan terbentuk tetesan-tetesan yang lebih kecil dari semprotan bahan bakar yang menghasilkan campuran udara-bahan bakar yang lebih homogen. Juga dengan menggunakan suhu yang lebih tinggi akan membuat bahan bakar diesel lebih mudah dinyalakan untuk mengimbangi waktu terbatas yang tersedia dalam kondisi operasi kecepatan tinggi. Solar memiliki titik tuang atau titik beku -3ºC. Prototype ini dirancang untuk mencegah terjadinya pembekuan atau penggumpalan pada fuel di mesin diesel akibat suhu yang rendah. Prototype ini mendeteksi adanya suhu dingin pada fuel diesel dengan menggunakan sensor suhu LM35 dan diatur untuk menyalakan heater yang mendapatkan sinyal dari relay pada saat suhu fuel diesel <10 ºC. Diikuti dengan suara buzzer yang menandakan suhu pada fuel diesel <10ºC dan LED menyala sebagai pertanda bahwa heater dalam kondisi menyala. Heater akan mati secara otomatis jika suhu pada fuel diesel >30ºC, yang mana suhu pada fuel diesel akan ditampilkan pada layar LCD. Pada penelitian ini, penulis melakukan 5 kali percobaan dengan suhu <10ºC dengan rata-rata suhu 9,187ºC dan setelah itu menaikan suhu >30ºC dengan rata-rata 31,146ºC. Dari kelima percobaan itu didapatkan prototype bekerja dengan baik, heater menyala pada saat suhu di fuel diesel <10ºC dan pada saat suhu naik >30ºC heater mati. Kata kunci : Diesel, Solar, LM35, Mikrokontroler Arduino UNO

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ELK.22 063
NIM/NIDN Creators: 41418110144
Uncontrolled Keywords: Diesel, Solar, LM35, Mikrokontroler Arduino UNO
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: WADINDA ROSADI
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:21
Last Modified: 17 Oct 2022 03:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70485

Actions (login required)

View Item View Item