ANALISIS DAMPAK KEMACETAN DENGAN PENDEKATAN PERMODELAN PERSAMAAN STRUKTUR DAN PENGGUNAAN LOGIT BINER DALAM MENENTUKAN MODEL PEMILIHAN MODA DI KOTA TANGERANG

SEKARSARI, MEIRA (2022) ANALISIS DAMPAK KEMACETAN DENGAN PENDEKATAN PERMODELAN PERSAMAAN STRUKTUR DAN PENGGUNAAN LOGIT BINER DALAM MENENTUKAN MODEL PEMILIHAN MODA DI KOTA TANGERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu dampak negatif akibat permasalahan transportasi adalah kemacetan. Kemacetan lalu lintas di perkotaan secara bertahap menjadi masalah sosial dan ekonomi yang penting dan perlu diatasi. Kota Tangerang adalah salah satu kota penyangga kawasan metropolitan Jakarta serta daerah dengan peningkatan penduduk dan kendaraan yang cukup signifikan, berakibat pada peningkatan jumlah pergerakan masyarakat atau mobilitas dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Sedangkan panjang jalan di Kota Tangerang sepanjang tahun 2018-2019 tidak ada penambahan dan ini dimungkinkan terjadinya ketidakseimbangan antara pergerakan dan kapasitas jalan yang tersedia atau aksesibilitas yang minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model serta dampak dari kemacetan dan alternatif pemilihan moda di Kota Tangerang Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sumber data primer yang didapat dari instrumen kuesioner tertutup dari 180 responden lokasi penelitian pada simpang TangCity dan untuk pemilihan moda yaitu 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah model persamaan struktur dengan program AMOS 22.00 untuk menentukan faktor yang berpengaruh terhadap dampak kemacetan dan SPSS untuk persamaan pemilihan moda Hasil analisis menunjukkan faktor yang paling berpengaruh terhadap dampak kemacetan adalah penurunan konsentrasi dan kehilangan energi pada saat kemacetan, yang lebih sering terjadi pada jenis kelamin laki-laki yang sudah menikah pada usia diatas 35 tahun, dengan tingkat pendidikan diploma, untuk jenis pekerjaann sebagai PNS. berdasarkan semua atribut yang ada dalam penelitian ini, yaitu Bus Tayo memiliki probabilitas dipilih sebesar 92,107% sedangkan moda Angkutan Kota probabilitas dipilih sebesar 7,893%. Hal ini karena faktor utama yaitu biaya perjalanan Bus Tayo lebih murah dibandingkan moda Angkutan Kota. Adapun peluang responden memilih menggunakan moda Angkutan Kota adalah dikarenakan kemudahan akses yang dirasakan dibandingkan Bus Tayo. Perubahan atribut biaya perjalanan pada kedua moda dinaikkan ataupun diturunkan, masyarakat pada umumnya lebih memilih menggunakan Bus Tayo. Begitu juga dengan atribut waktu perjalanan dan atribut jarak waktu keberangkatan meskipun dinaikkan atau diturunkan, masyarakat cenderung lebih memilih menggunakan Bus Tayo sebagai moda untuk menuju tempat tujuannya. Kata kunci: kemacetan, model persamaan struktur, pemilihan moda, Bus Tayo dan Angkutan umum

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/557. 22 011
NIM/NIDN Creators: 55719110029
Uncontrolled Keywords: kemacetan, model persamaan struktur, pemilihan moda, Bus Tayo dan Angkutan umum
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.1 Personal Improvement and Analysis/Perbaikan Pribadi, Penghidupan yang Sukses
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.1 Personal Improvement and Analysis/Perbaikan Pribadi, Penghidupan yang Sukses > 158.12 Personal Improvement and Analysis Through Meditation/Perbaikan Pribadi dan Analisis Melalui Meditasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:58
Last Modified: 05 Oct 2022 06:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69796

Actions (login required)

View Item View Item