RANCANG BANGUN APLIKASI “HI! WARGA” SEBAGAI SOLUSI LAYANAN PUBLIK DAN SURAT PENGANTAR RT/RW BERBASIS WEB STUDI KASUS : ( RW 003 CILEDUG INDAH II)

RIDWAN, AMALIA INDA (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI “HI! WARGA” SEBAGAI SOLUSI LAYANAN PUBLIK DAN SURAT PENGANTAR RT/RW BERBASIS WEB STUDI KASUS : ( RW 003 CILEDUG INDAH II). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB 2)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB 3)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB 4)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

In managing various kinds of population needs, residents need a cover letter from RT/RW. surely the residents expect the process of submitting and making the cover letter for RT/RW can be obtained quickly. But sometimes there are some obstacles in getting the letter, namely the absence of RT/RW public service hours, the processing time for the letter so that it is often not the same as the free time needed by the RT/RW – days to get the letter. Regarding these problems, the Hi! Warga, namely application of cover letters and website-based services for residents and RT/RW administrators to facilitate the process of submitting and making RT/RW cover letters online without the need to go to the house of the RT/RW head, the application can monitor the progress of letters that have been submitted by residents, can also receive information related to laziness, commotion or official information from the RT / RW management. Application “Hi! Warga” use the agile method in planning, implementation, testing software, documentation, deployment, maintenance that is carried out repeatedly to form public service features and cover letters or information. In the “Hi! Warga” RT/RW management can find out the number of residents, the number of facilities,, the number of households, the number of men, the number of women, the number of domicile categories outside the KTP, and the number of empty houses on the dashboard page. With the Hi! Warga, residents can apply for an easy delivery letter at any time and efficiently without waiting for days and obtaining convenience in receiving public services. And RT/RW administrators can process cover letters efficiently anytime and anywhere and manage public services in an RT/RW environment, Keywords: Application, Residents, RT, RW, Cover Letter Dalam mengurus berbagai macam keperluan kependudukan, warga membutuhkan surat pengantar RT/RW. Tentunya para warga mengharapkan proses pengajuan dan pembuatan surat pengantar RT/RW bisa didapatkan dengan cepat. Tetapi seringkali ada beberapa kendala dalam mendapatkan surat tersebut, yaitu tidak adanya jam kerja pelayanan publik RT/RW, waktu pengurusan surat pengantar seringkali tidak sama dengan waktu luangnya ketua RT/RW sehingga membutuhkan waktu berhari – hari untuk mendapatkan surat tersebut. Terkait permasalahan tersebut, dibuatnya aplikasi Hi! Warga , yaitu aplikasi surat pengantar dan layanan publik berbasis website bagi warga dan pengurus RT/RW untuk mempermudah dalam proses pengajuan dan pembuatan surat pengantar RT/RW secara online tanpa perlu warga mendatangi rumah ketua RT/RW, dapat memonitoring progress surat yang telah diajukan oleh warga, juga dapat menerima informasi terkait dengan peristiwa kemalingan, keributan ataupun informasi resmi dari pengurus RT/RW. Aplikasi Hi! Warga dibuat menggunakan metode agile dalam perencanaan, implementasi, testing software, dokumentasi, deployment, maintenance yang dilakukan secara berulang untuk membentuk fitur – fitur layanan publik maupun surat pengantar atau keterangan. Pada aplikasi Hi! Warga pengurus RT/RW dapat mengetahui jumlah warga, jumlah fasilitas, jumlah KK, jumlah laki-laki, jumlah perempuan, jumlah kategori domisili luar KTP, dan jumlah rumah kosong di halaman dashboard. Dengan adanya aplikasi Hi! Warga, warga dapat mengajukan surat pengantar atau keterangan secara mudah dan efisien tanpa menunggu berhari-hari dan memperoleh kemudahan dalam menerima layanan publik. Dan pengurus RT/RW dapat memproses surat pengantar secara efisien kapan dan dimana saja serta mengelola layanan publik di lingkungan RT/RW. Kata Kunci : Aplikasi, Warga, RT, RW, Surat Pengantar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 22 043
NIM/NIDN Creators: 41818110054
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Warga, RT, RW, Surat Pengantar
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: LUTHFIAH RAISYA ARDANI
Date Deposited: 17 Sep 2022 12:31
Last Modified: 19 Sep 2022 04:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69211

Actions (login required)

View Item View Item