PANGESTU, YANUAR ADAM (2022) PENGARUH PESAN KAMPANYE #DIRUMAHAJA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM AKUN @KEMENKES_RI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19 (Survei terhadap followers akun Instagram Kementerian Kesehatan RI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Cover_Yanuar Adam (44217010135).pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak_Yanuar Adam (44217010135).pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Yanuar Adam (44217010135).pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada sejauh mana pengaruh pesan kampanye #DirumahAja melalui media sosial Instagram dalam akun @Kemenkes_RI terhadap sikap masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Peneliti juga menggunakan Teori Agenda Setting dalam penelitian ini, yang mana agenda kebijakan tentang kampanye #DirumahAja bisa di-setting menjadi agenda media. Selanjutnya, agenda ini akan menjadi agenda publik. Dengan begitu, kampanye #DirumahAja menjadi penting ditengah isu-isu yang menyangkut kesehatan masyarakat. Kampanye #DirumahAja yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI menjadi agenda penting sehingga dapat menjadi sumber rujukan yang mampu memberikan pengetahuan, mengubah perubahan sikap dan perilaku masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah followers pada Instagram @Kemenkes_RI dengan total 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei jenis eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pesan kampanye #DirumahAja melalui media sosial Instagram terhadap sikap masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Berdasarkan uji koefisien determinasi yang telah dilakukan, diperoleh nilai R square sebesar 0.293. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pesan kampanye #DirumahAja berpengaruh terhadap sikap masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 sebesar 29,3%. Kata Kunci: Public Relations, #DirumahAja, Pesan Kampanye, Instagram, Sikap, Covid- 19.
Actions (login required)
View Item |