RAFI, MOCHAMAD (2022) OPINI PUBLIK MENGENAI ISU “SRI MULYANI MAU ORANG KAYA BAYAR PAJAK LEBIH BANYAK” DALAM MEDIA INSTAGRAM @narasinewsroom (Analisis isi komentar instagram @narasinewsroom Pada 2 Juli 2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI_Mochamad Rafi_44217010120 TA2 (rev) (5).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Media sosial sebagai new media kini tidak lagi memandang usia, mulai kalangan muda hingga tua sudah dapat dengan mudah mengakses media sosial. Pada era digitalisasi ini media sosial telah dijadikan tempat untuk bertukar informasi dan pendapat, salah satu media sosial yang aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa opini publik Positif, opini publik negatif, dan opini publik netral pada postingan ‘Sri Mulyani Mau Orang Kaya Bayar Pajak Lebih Banyak’ Dalam Media Instagram @narasinewsroom Periode 2 Juli 2021 Pada penelitian ini peneliti menggunakan konsep opini publik yang telah di katagorisasikan menjadi opini publik positif, negatif, dan netral. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma positivisme, sedangkan metode penelitian peneliti menggunakan analisis isi kuantitatif, unit analisis menggunakan unit analisis tematik dengan oprasionalisai konsep menggunakan opini publik. Pada penelititian ini mengambil populasi penelitian yaitu seluruh komentar pada postingan “Sri Mulyani Mau Orang Kaya Bayar Pajak Lebih Banyak” pada akun instagram @narasinewsroom sebanyak 526 dan sample pada penelitian ini adalah 228 komentar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random sampling. pada pengujian validitas dan reliabelitas menggunakan reliabelitas antar coder menggunakan rumus Hostly. Hasil penelitian menunjukkan terdapat opini positif sebanyak 82 (36% komentar), katagori opini negatif mendapatkan hasil frekuensi sebanyak 86 (38% komentar) dan opini netral yang mendapatkan hasil frekuensi sebesar 60 (26% komentar). Saran akademis, dengan tema opini publik dalam media sosial instagram dapat dikaji dan dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan maupun teori dari kajian komunikasi lainnya. Saran praktis khususnya media sosial dapat di jadikan media dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Kata Kunci: Public Relations, New Media, Opini Publik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 22 043 |
NIM/NIDN Creators: | 44217010133 |
Uncontrolled Keywords: | Public Relations, New Media, Opini Publik |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 027 General Libraries, General Archives, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines/Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:20 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69116 |
Actions (login required)
View Item |