MINAT BACA KHALAYAK TERHADAP MAJALAH MnS [ Study Deskriptif Pada Pedagang Handphone di Pasar Puri Agung Cengkareng Jakarta Barat ]

IRAWAN, ADE TOMY (2007) MINAT BACA KHALAYAK TERHADAP MAJALAH MnS [ Study Deskriptif Pada Pedagang Handphone di Pasar Puri Agung Cengkareng Jakarta Barat ]. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI_ADE TOMY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sekali, terutama teknologi informasi dimana seluler termasuk bagian didalamnya. Minat khalayak (pedagang handphone di Pusat Niaga Puri Agung Jakarta Barat) terhadap dunia seluler memungkinkan akan adanya kebutuhan akan suatu bacaan. Menyikapi semakin pesatnya kemajuan teknologi Multi Media dan sangat tingginya minat masyarakat pada teknologi seluler, Majalah MnS yang unsur pemberitaannya mengenai telepon seluler melihat bahwa media massa dapat dijadikan sarana sosialisasi terhadap makin maraknya ponsel dengan tipe dan teknologi terkini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca khalayak (pedagang handpone di Pusat Niaga Puri Agung Cengkareng Jakarta Barat) terhadap majalah MnS. Minat baca dalam penelitian ini berkaitan dengan penilaian khalayak terhadap media massa cetak, dalam hal ini adalah majalah MnS. Minat baca akan tercipta oleh adanya motivasi yang terbentuk melalui pengetahuan, latar belakang/dorongan dan kebutuhan khalayak oleh media massa yang bersangkutan. Populasi penelitian ini adalah pedagang dan pemilik toko/kios handphone di Pusat Niaga Puri Agung Cengkareng, Jakarta Barat. Jumlah sampel sebanyak 200 orang, diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat baca khalayak terhadap majalah MnS adalah tinggi. Karena sebanyak 76 responden atau 38 % dari total responden yang berjumlah 200 orang menjawab dengan nilai 80 – 61. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa minat baca khalayak terhadap majalah MnS adalah tinggi. Selebihnya, responden yang menjawab dengan nilai 100 – 81 berjumlah 58 orang atau 29 % dengan indikasi sangat tinggi, responden yang menjawab dengan nilai 60 – 41 berjumlah 47 orang atau 23,5 % dengan indikasi biasa saja, dan responden yang menjawab dengan nilai 40 – 21 berjumlah 19 orang atau 9,5 % dengan indikasi rendah.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04100-002
Uncontrolled Keywords: MINAT BACA KHALAYAK TERHADAP MAJALAH MnS [ Study Deskriptif Pada Pedagang Handphone di Pasar Puri Agung Cengkareng Jakarta Barat ]
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:43
Last Modified: 01 Sep 2022 06:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68744

Actions (login required)

View Item View Item