Siswanto, Agus (2007) EFEKTIFITAS MAJALAH TRAX DALAM MEMPENGARUHI PEMBACA [ Study Deskriptif Tentang Pengaruh Kognitif, Afektif dan Konatif Majalah Trax Pada Murid Lembaga Pendidikan Musik FARABI Jakarta Selatan ]. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (SKRIPSI FULL)
04100 - 004 .pdf Download (521kB) | Preview |
Abstract
Media massa merupakan salah satu alat komunikasi yang diciptakan untuk menyampaikan pesan kepada sejumlah besar orang. Dewasa ini arus informasi semakin menggelombang secara terus menerus sehingga khalayak kebanjiran informasi. Begitu pula dengan sebagian masyarakat yang tinggal di komunitas tertentu, mereka juga tak luput dari derasnya arus informasi yang masuk meskipun hanya bersifat lokal. Begitu banyak atau bahkan hampir semua teori-teori komunikasi massa membahas masalah efek-efek. Efek komunikasi merupakan hal yang menarik bagi mereka-mereka yang ingin berhubungan dengan orang lain dan yang karenanya ingin memakai saluran paling efektif menuju khalayak, serta mereka yang takut akan dampak negatif media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas majalah Trax dalam mempengaruhi pembaca. Teori efek yang digunakan adalah Stimulus Respon. Efektifitas dalam penelitian ini berkaitan dengan penilaian khalayak terhadap media massa cetak, dalam hal ini adalah majalah, khususnya pada spesifikasi sebuah majalah musik Trax. Kefektifan akan tercipta oleh adanya pemenuhan kebutuhan koginitif, afektif dan konatif khalayak oleh media massa yang bersangkutan. Populasi penelitian ini adalah murid Lembaga Pendidikan Musik Farabi, Jakarta Selatan. Jumlah sampel sebanyak 87 orang, diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa majalah Trax EFEKTIF dalam mempengaruhi pembaca, sebanyak 41 responden atau 47 % dari total responden yang berjumlah 87 orang menjawab dengan nilai 72 – 55. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa majalah Trax EFEKTIF dalam mempengaruhi pembaca. Selebihnya, responden yang menjawab dengan nilai 90 – 73 berjumlah 28 orang atau 32 % dengan indikasi sangat efektif, responden yang menjawab dengan nilai 54 – 37 berjumlah 16 orang atau 18 % dengan indikasi biasa saja, dan responden yang menjawab dengan nilai 36 – 19 berjumlah 2 orang atau 3 % dengan indikasi tidak efektif.
Actions (login required)
View Item |