BUDIHARJO, DHANAN WIJAYA (2019) SISTEM PELAYANAN PENGADUAN DAN INFORMASI PELANGGAN PT. PLN BEKASI MENGGUNAKAN METODE WEB SERVICE BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal 41512120185 Dhanan Wijaya Budiharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Our daily life now can not be separated from the development of information systems technology. Almost all areas of work utilize information systems technology to simplify our work. Information systems technology can help computerize our work to be faster, more efficient and integrated. However, there are still many areas of work that have not utilized technology to help simplify their work. for example, in the industry of State-Owned Enterprises (BUMN), especially companies in the field of electricity, namely PT. PLN (Persero) which has a very important role for the life of the surrounding community. Management PT. PLN (Persero) Bekasi still use manual way in disseminating information and accept all kinds of complaints in natural society. Which resulted in PT team. PLN (Persero) Bekasi can not work properly. As a solution to these problems, the need for application services complaints and information using Web Service method with Android-based. By using this application people do not need to come to the location but using a smartphone or laptop that is equipped with internet connection so that it can connect to the website of PT. PLN (Persero) Bekasi. It is expected that with this application facilitate the public in receiving information and make a complaint from PT. PLN (Persero) Bekasi. Keywords - Apps, Android, Services and complaints Kehidupan kita sehari-hari sekarang tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi sistem informasi. Hampir semua bidang pekerjaan memanfaat teknologi sistem informasi untuk mempermudah pekerjaan kita. Teknologi sistem informasi dapat membantu mengkomputerisasi pekerjaan kita agar lebih cepat, efisien dan terintegrasi. Tetapi, masih banyak juga bidang pekerjaan yang belum memanfaatkan teknologi untuk membantu mempermudah pekerjaannya. contohnya, di dalam industri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), khususnya perusahaan dibidang kelistrikan yaitu PT. PLN (Persero) yang memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat sekitar. Manajemen PT. PLN (Persero) Bekasi masih menggunakan cara manual dalam menyebarluaskan informasi dan menerima segala jenis pengaduan yang di alami masyarakatnya. Yang mengakibatkan tim PT. PLN (Persero) Bekasi tidak dapat bekerja dengan baik. Sebagai solusi permasalahan tersebut, perlu adanya aplikasi pelayanan pengaduan dan informasi dengan menggunakan metode Web Service dengan berbasis Android. Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat tidak perlu datang ke lokasi melainkan menggunakan smartphone atau laptop yang di lengkapi dengan koneksi internet sehingga dapat terhubung ke website PT. PLN (Persero) Bekasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini mempermudah masyarakat dalam menerima informasi dan melakukan pengaduan dari PT. PLN (Persero) Bekasi. Kata Kunci – Aplikasi, Android, Pelayanan dan pengaduan
Actions (login required)
View Item |