IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PRODUK PADA PT. AGRO EXPRESS INDONESIA

RISZKY, ARIEFANA RIA (2019) IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PRODUK PADA PT. AGRO EXPRESS INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal_Yudisium ariefana ria r.41514110053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Even though the information technology, especially computing has adopted in a various sectors but there are so many factories do not utilize it optimally. One of the factory which has a potential to get the benefit from the utilization is PT. Agro Express Indonesia. To date the PT. Agro Express Indonesia still using manual method in the implementation of marketing strategies which do not has a reference and only has an estimation. In the sector of marketing, business competition which is getting tougher and has to sue to efficiency the process on the implementation of transaction and implementation of promotion which has to precise on the target. In this paper is served a result of the research of utilizing of data mining technique for knowing the scheme of marketing transaction at PT. Agro Express Indonesia is using Association Rule Method and apply the Apriori Algorithm. Association Rule is one of method of data mining which can identify the similarity of relationship between the items. In this Apriori algorithm method is used to combine the items and then it will be testing with parameter support and confidence. For the experiment, it is used the dataset of purchase which is collected on October and November 2018. On the experiment has determined the minimum support value is about 85% and minimum of confidence value is about 90% with processing data use of Weka software 3.9 version. The final result of this research is an Association Rule which will be a reference in factory's advertising products and decision support in giving recommendations of product to the custumers. Key words : Association rule, Apriori, Data Mining, Product Recommendation Meskipun teknologi informasi, khususnya komputasi, telah diadopsi di berbagai bidang, namun masih banyak perusahaan tidak memanfaatkan secara optimum. Salah satu perusahaan yang berpotensi mendapatkan benefit dari pemanfaatan teknologi untuk komputasi adalah PT. Agro Express Indonesia. Sampai dengan saat ini PT. Agro Express Indonesia masih menggunakan cara manual dalam pelaksanaan strategi pemasaran yang tidak mempunyai acuan dan hanya perkiraan saja. Pada bagian pemasaran, persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut efisiensi proses pelaksanaan transaksi dan promosi yang tepat sasaran. Pada makalah ini disajikan hasil penelitian pemanfaatan teknik data mining untuk mengetahui pola transaksi penjualan pada PT. Agro Express Indonesia menggunakan metode Association Rule dan menerapkan Algoritma Apriori. Association Rule adalah salah satu metode data mining yang dapat mengidentifikasi hubungan kesamaan antar item. Dalam metode ini algoritma apriori digunakan untuk membantu dalam membentuk kandidat kombinasi item, kemudian dilakukan pengujian dengan parameter support dan confidence. Untuk keperluan eksperimen, digunakan dataset transaksi pembelian yang dikumpulkan pada bulan Oktober dan November 2018. Pada eksperimen ditentukan nilai minimum support 85% dan nilai minimum confidence 90% dengan pengolahan data menggunakan software Weka versi 3.9. Hasil akhir penelitian ini berupa aturan asosiasi yang akan dijadikan sebagai acuan dalam promosi produk perusahaan dan pendukung keputusan dalam memberikan rekomendasi produk kepada konsumen. Kata kunci : Association rule, Apriori, Data Mining, Rekomendasi Produk

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 199
NIM/NIDN Creators: 41514110053
Uncontrolled Keywords: Association rule, Apriori, Data Mining, Rekomendasi Produk
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:40
Last Modified: 30 Aug 2022 03:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68646

Actions (login required)

View Item View Item