APLIKASI RESERVASI MENU RESTORAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS NATIVE – CROSS PLATFORM

RELAWANTO, BOWO (2019) APLIKASI RESERVASI MENU RESTORAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS NATIVE – CROSS PLATFORM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Template Jurnal Yudisium.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Food is a major human need, because the source of human energy comes from food and drink. Therefore, many people innovate to achieve their intended tastes and receive much attention. A restaurant is a form of building, symbol, company or accommodation business that provides food and beverage services intended for the general public (Marsum: 1994). FOODO is a native - cross platform mobile based smart restaurant application. With FOODO customers can order menu very effectively and efficiently. The purpose of this study is to improve the efficiency and effectiveness of ordering menu in restaurants. The method used in this application is the method of Waterfall development. With a system that has been designed for this application, this method is very easy to apply to the manufacture of FOODO. The test method used in testing this application is black – box, while the method used to display the favorite menu based on customer ratings is the Simple Additive Weighting (SAW) method. Implementation of this application is then analyzed to identify system weaknesses found to be useful information for the development of a new system. The analysis used is PIECES. Based on the results of the analysis of the implementation of ordering menus using smartphones, the FOODO application can provide services quickly and efficiently, and display favorite menus based on precise calculations. It can be seen that the comparison of favorite menu calculations using the SAW method manually with the results displayed on the system that has used the SAW method has the same results. Key words: waterfall, simple additive weighting, pieces, cross platform, black box Makanan merupakan kebutuhan utama bagi manusia, karena sumber tenaga manusia berasal dari makanan dan minuman. Maka dari itu, banyak manusia melalukan inovasi demi mencapai cita rasa yang dituju dan banyak mendapat perhatian. Restoran adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa makanan dan minuman yang diperuntukan bagi masyarakat umum (Marsum: 1994). FOODO merupakan sebuah aplikasi restoran pintar berbasis mobile native – cross platform. Dengan FOODO pelanggan bisa memesan menu dengan sangat efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pemesanan menu pada restoran. Metode yang digunakan pada aplikasi ini yaitu metode pengembangan Waterfall. Dengan sistem yang sudah dirancang untuk aplikasi ini, metode ini sangat mudah diterapkan pada pembuatan aplikasi FOODO. Metode pengujian yang digunakan dalam pengujian aplikasi ini adalah black – box, sedangkan metode yang digunakan untuk menampilkan menu terfavorit berdasarkan penilaian pelanggan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Implementasi aplikasi ini kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi kelemahan sistem yang ditemukan guna menjadi informasi yang berguna bagi pengembangan sistem yang baru. Analisis yang dipakai adalah PIECES. Berdasarkan hasil analisis implementasi pemesan menu menggunakan smartphone, aplikasi FOODO dapat memberikan pelayanan secara cepat serta efisien, serta menampilkan menu favorit berdasarkan perhitungan secara tepat. Hal ini dapat diketahui antara perbandingan perhitungan menu favorit menggunakan metode SAW secara manual dengan hasil yang ditampilkan pada sistem yang telah menggunakan metode SAW memiliki hasil yang sama. Kata kunci: waterfall, simple additive weighting, pieces, cross platform, black box

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 175
NIM/NIDN Creators: 41515010155
Uncontrolled Keywords: waterfall, simple additive weighting, pieces, cross platform, black box
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:39
Last Modified: 29 Aug 2022 04:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68614

Actions (login required)

View Item View Item