PERSEPSI SISWI – SISWI SMA 23 MANDALA UTARA TERHADAP IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI “BERSIH SEGAR BERKERUDUNG” DI TV

NURHATIN, OLIS (2007) PERSEPSI SISWI – SISWI SMA 23 MANDALA UTARA TERHADAP IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI “BERSIH SEGAR BERKERUDUNG” DI TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan dunia iklan seperti produk shampo yang demikian pesat, mau tidak mau akan berdampak pada perubahan mindset bisnis pemasar untuk bisa berlari lebih cepat, dengan penekanan dalam strategi periklanan. Agar bisa bertahan sukses dalam persaingan tersebut, dituntut pula sifat inovatif yang selalu siap dalam menghadapi perubahan pasar yang cepat. Hal tersebut salah satunya yang dilakukan oleh Sunsilk clean and fresh versi “ Bersih Segar Berkerudung”, yang memiliki daya tarik tersendiri dengan menampilkan sesuatu berbeda yaitu dipromosikan untuk wanita berkerudung sebagai target utamanya. Karena selama ini yang kita ketahui bahwa iklan shampo identik dengan wanita yang menampilkan keindahan rambutnya. Penelitian ini mengacu pada teori mengenai persepsi yang dikemukakan oleh Kenneth A. Sereno dkk, yang menjelaskan tahapan pembentukan persepsi yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu seleksi, organisasi, dan interpretasi. Yang dimaksud seleksi sebenarnya mencakup sensasi dan atensi, sedangkan organisasi melekat pada interpretasi. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner terhadap 100 responden, yaitu siswi – siswi SMA 23 di Mandala – Utara, Jakarta – Barat. Tehnik penarikan sampel ini menggunakan stratified propotionate random sampling yaitu sampel secara random proporsional berlapis. Salah satu hal yang perlu mendapat perhatian adalah pertimbangan atau proporsi dari jumlah subjek yang ada dalam tiap – tiap stratum dalam populasi. Pertimbangan itu harus dicerminkan juga dalam masing – masing stratum dalam sampel, sehingga mereka ini dapat dipandang sebagai wakil – wakil terbaik bagi populasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa persepsi siswi – siswi SMA 23 Mandala – Utara terhadap iklan shampo sunsilk clean and fresh versi “Bersih Segar Berkerudung” menunjukkan persepsi positif. Untuk memberikan persepsi khalayak terhadap iklan shampo sunsilk clean and fresh versi “Bersih Segar Berkerudung” tersebut melalui tahap – tahap atensi, interpretasi, dan kognisi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04301-065
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI SISWI – SISWI SMA 23 MANDALA UTARA TERHADAP IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI “BERSIH SEGAR BERKERUDUNG” DI TV
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:57
Last Modified: 25 Aug 2022 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68471

Actions (login required)

View Item View Item