PENGETAHUAN KHALAYAK TERHADAP IKLAN SHAMPO DOVE VERSI ANTI DANDRUFF PADA MEDIA TELEVISI

Rahayu, Sri (2007) PENGETAHUAN KHALAYAK TERHADAP IKLAN SHAMPO DOVE VERSI ANTI DANDRUFF PADA MEDIA TELEVISI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI_SRI RAHAYU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh begitu banyaknya iklan televisi dari kategori produk shampo. Iklan-iklan tersebut dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan pesan mengenai suatu produk kepada khalayak sehingga khalayak mengetahui produk yang dilihatnya. Salah satu iklan yang ditayangkan pada televisi adalah iklan shampo Dove Versi Anti Dandruff, dimana iklan-iklan televisi dari produk shampo Dove terkenal dengan cerita yang menarik. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengetahuan khalayak terhadap iklan shampo Dove Versi Anti Dandruff. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Harold D. Lasswell yang dikenal dengan formula Lasswell. Teori ini menjelaskan bahwa periklanan merupakan bagian dari proses komunikasi yang menjadi salah satu proses komunikasi tersebut adalah who (siapa), says what (mengatakan apa), in which channel (dengan saluran apa), to whom (kepada siapa), with what effect(dengan efek bagaimana). Teori yang kedua adalah teori yang dikemukakan oleh Everet M. Rogers. Teori ini membahas mengenai tahapan dalam proses keputusan inovasi. Digunakan untuk mengetahui mengenai produk hingga konsumen memutuskan untuk membeli sebuah produk baru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode survey, teknik sampling yang digunakan teknik probability sampling dengan melakukan penyebaran kuesoiner, sample yang diambil sebanyak 91 responden dengan mengambil rumus Taro Yamame dari total populasi sebanyak 1.017 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa tingginya pengetahuan khalayak terhadap iklan Shampo Dove Anti Dandruff pada media televisi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04301-078
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN KHALAYAK TERHADAP IKLAN SHAMPO DOVE VERSI ANTI DANDRUFF PADA MEDIA TELEVISI
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:47
Last Modified: 25 Aug 2022 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68467

Actions (login required)

View Item View Item