STRATEGI KREATIF IKLAN DETERJEN DAIA VERSI JUARA SEJATI DI TELEVISI 2005 - 2006

NUGROHO, HELKY (2007) STRATEGI KREATIF IKLAN DETERJEN DAIA VERSI JUARA SEJATI DI TELEVISI 2005 - 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Helky Nugroho.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Kemajuan suatu iklan dengan peningkatan dan kreatifitas iklan merupakan tujuan penting yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan, situasi persaingan yang semakin tajam diantara produk sejenis. Untuk itulah diperlukan suatu strategi kreatif jitu yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan tersebut. Sehingga periklanan yang efektif juga akan mengubah pengetahuan publik mengenai ketersediaan dan karakteristik sebuah produk, dan akhirnya elastisitas permintaan produk akan sangat dipengaruhi oleh aktifitas periklanan. Salah satu strategi yang ada adalah melakukan strategi kreatif periklanan, karena dengan strategi ini dapat dikemas sedemikian rupa kedalam bentuk periklanan, pesan, daya tarik, yang dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif iklan deterjen Daia versi “Juara Sejati” ditelevisi. Kerangka pemikiran yang digunakan pada penelitian ini mengacu kepada beberapa pendekatan yang diantaranya yaitu ; USP (unique selling proposition), brand image, karakteristik produk, positioning, yang disampaikan melaui iklannya ditelevisi. Selain itu digunakan pula konsep dari daya tarik pesan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara langsung dan melalui email serta menggunakan data-data yang diperoleh dari PT. Bintang Pratama Communication. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kreatif yang dilakukan oleh Bintang Pratama selaku pembuat iklan deterjen Daia versi “Juara Sejati” adalah berawal dari ide dasar mengenai keadaan produk yang telah memperoleh predikat Superbrand, penilaian akan kualitas yang sejati, selain itu beberapa pendekatan yang dilakukan diantaranya yaitu ; pendekatan USP, Brand Image, Karakteristik produk, positioning, serta menggunakan daya tarik kombinasi antara rasional dan emosional. Penggabungan konsep animasi dengan real shoot akhirnya menjadi suatu kesatuan yang menarik dan efektif

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04302-016
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KREATIF IKLAN DETERJEN DAIA VERSI JUARA SEJATI DI TELEVISI 2005 - 2006
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:38
Last Modified: 25 Aug 2022 06:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68462

Actions (login required)

View Item View Item