STRATEGI PROMOSI PROGRAM TV INDONESIAN IDOL 3 DI RCTI DALAM MENCARI KLIEN PEMASANG IKLAN

SARDI, SAPTA AGUS (2007) STRATEGI PROMOSI PROGRAM TV INDONESIAN IDOL 3 DI RCTI DALAM MENCARI KLIEN PEMASANG IKLAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
04302-041 _ Sapta Agus Sardi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekarang ini persaingan antar media televisi semakin ketat dikarenakan jumlahnya yang semakin bertambah dan banyaknya pula program-program televisi yang hampir sama jenis programnya sehingga pihak media televisi berlomba-lomba dalam mencari peluang dan mengejar klien pemasang iklan agar memanfaatkan medianya. RCTI merupakan stasiun televisi nasional Indonesia yang mengedepankan tayangan-tayangan yang bermutu dan berkualitas untuk bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat. RCTI juga merupakan televisi pelopor tayangan program-program musik. Indonesian Idol adalah salah satu jenis program variety & reality show yang menitikberatkan pada pencarian bakat baru dalam bidang musik yang ada di RCTI. Adanya persaingan antar program televisi, maka RCTI perlu menjalankan aktivitas promosi dalam mempromosikan programnya kepada konsumen sasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi Program TV Indonesian Idol 3 di RCTI dalam mencari klien pemasang iklan sekaligus untuk mengetahui alat promosi yang digunakan oleh RCTI dalam berpromosi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada teori Philip Kotler, dimana pelaksanaan strategi promosi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Dalam kegiatan promosi menggunakan alat – alat pendukung seperti periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat, serta pemasaran langsung. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data dengan indepth interview. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa strategi promosi Program Indonesian Idol 3 di RCTI dalam mencari klien pemasang iklan yaitu melakukan pendekatan - pendekatan secara langsung dan personal kepada Advertiser maupun Advertising Agency yang ingin beriklan pada program Indonesian Idol atau dapat dikatakan bahwa strategi yang digunakan oleh PT. RCTI dalam mendapatkan klien pemasang iklan adalah melalui personal selling atau penjualan tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04302-041
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PROMOSI PROGRAM TV INDONESIAN IDOL 3 DI RCTI DALAM MENCARI KLIEN PEMASANG IKLAN
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.2 Programming for Specific Computers, for Specific Operating Systems, for Specific User Interface/Pemrograman untuk Tipe Komputer, Sistem Operasi dan Tampilan Antar Muka Pengguna Tertentu
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:34
Last Modified: 25 Aug 2022 06:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68459

Actions (login required)

View Item View Item