REPRESENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM IKLAN TELEVISI CORPORATE “SELAMAT IDUL FITRI 1427 H” (Studi semiotika terhadap iklan televisi PT. Gudang Garam dan PT. Indofood)

UNSPECIFIED (2007) REPRESENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM IKLAN TELEVISI CORPORATE “SELAMAT IDUL FITRI 1427 H” (Studi semiotika terhadap iklan televisi PT. Gudang Garam dan PT. Indofood). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
SKRIPSI _i_.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (ISI SKRIPSI)
Skripsi Bab I - V, Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Momentum lebaran menjadi saat yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Bagi marketer ataupun insan periklanan, momen lebaran menjadi saat di mana mereka harus melakukan serangkaian kampanye periklanan demi menarik simpati masyarakat secara luas. Strategi pemasaran melalui momentum spiritual semacam ini diyakini akan efektif untuk menaikkan penjualan dan sekaligus untuk membentuk dan memperkuat citra perusahan/produk di mata masyarakat. Penggunaan iklan televisi sebagai medium pembentukan citra perusahaan/produk tidak terlepas dari adanya proses representasi yang pada akhirnya mengemas tayangan tersebut dengan menonjolkan imaji-imaji sehingga produk yang ditawarkan menjadi terselimuti oleh kuatnya pencitraan produk. Dalam penelitian ini mengangkat fenomena kampanye tematik melalui iklan televisi corporate dari PT. Gudang Garam dan PT. Indofood yang memanfaatkan momentum spiritual - Idul Fitri sebagai sarana untuk pemupukan citra perusahaan, penyebarluasan ideologi ataupun proses transmisi nilai-nilai kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terbentuk dari tanda-tanda yang digunakan dalam iklan televisi corporate ”Selamat Idul Fitri 1427 H” serta membongkar ideologi yang terdapat di dalamnya. Untuk itu maka digunakanlah pendekatan studi semiotika. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data adalah analisis semiotik/semiologi— signifikasi Roland Barthes, yakni pemaknaan tanda melalui dua tahapan, di mana tanda yang terdiri atas penanda (signifier) dan petanda (signified) pada tahap pertama menjadi penanda pada tahap kedua yang mempunyai penanda lain (mengalami perluasan makna/konotasi). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kedua iklan televisi corporate dari PT. Gudang Garam dan PT. Indofood mengemban ideologi Islam yang dipresentasikan melalui tanda-tanda iklan yang ada dalam iklan tematik ”Selamat Idul Fitri” tersebut. Sehingga dengan demikian citra kedua perusahaan itu akan terbentuk secara positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM IKLAN TELEVISI CORPORATE “SELAMAT IDUL FITRI 1427 H” (Studi semiotika terhadap iklan televisi PT. Gudang Garam dan PT. Indofood)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:14
Last Modified: 25 Aug 2022 06:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68450

Actions (login required)

View Item View Item