HUBUNGAN TERPAAN IKLAN SHAMPO CLEAR PURIFY VERSI WANITA CAT KUKU DI TELEVISI DENGAN KESADARAN MEREK KHALAYAK

Nurbaiti, Putri (2006) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN SHAMPO CLEAR PURIFY VERSI WANITA CAT KUKU DI TELEVISI DENGAN KESADARAN MEREK KHALAYAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
Terpaan Iklan-Kesadaran Merek.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh begitu banyaknya iklan televisi dari kategori produk shampo. Iklan-iklan tersebut dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan pesan mengenai ide atau manfaat suatu produk kepada khalayak untuk mendapatkan kesadaran merek pada benak khalayak yang melihatnya. Salah satu iklan yang ditayangkan dalam televisi adalah iklan shampo Clear Purify Versi Wanita Cat Kuku, dimana iklan tersebut menampilkan alur cerita yang menarik. Iklan-iklan televisi dari produk shampo Clear terkenal dengan ceritanya yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan terpaan iklan shampo Clear Purify versi wanita cat kuku di televisi dengan kesadaran merek khalayak. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh George E. Belch & Michael A. Belch. Teori ini menjelaskan bahwa proses komunikasi dipengaruhi oleh field of experience komunikan dan dalam meningkatkan kesadaran merek dibentuk melalui terpaan iklan (frekuensi, durasi, intensitas dan perhatian). Teori yang kedua adalah Hierarchy of Effect, teori mengenai efek dari iklan. Digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan terpaa iklan dengan kesadaran merek, berdasarkan teori tersebut bahwa kesadaran merek merupakan tahap pertama dari sebuah efek iklan. Tipe yang digunakan pada penelitian ini adalah ekspalanatif dengan menggunakan metode survey, dengan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling (sampel keseluruhan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner, sampel yang diambil sebanyak 123 responden dengan mengambil dari total populasi yang berjumlah 123 responden. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa adanya hubungan yang cukup tinggi antara terpaan iklan shampo Clear Purify dengan kesadaran merek khalayak. Dengan terpaan iklan, maka adanya perhatian terhadap iklan maka awareness atau kesadaran merek terbentuk dalam benak khalayak mengenai shampo Clear Purify

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04301-105
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN TERPAAN IKLAN SHAMPO CLEAR PURIFY VERSI WANITA CAT KUKU DI TELEVISI DENGAN KESADARAN MEREK KHALAYAK
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:16
Last Modified: 24 Aug 2022 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68348

Actions (login required)

View Item View Item