PUSPITASARI, PALUPI (2007) ANALISIS TARIF TOL BERDASARKAN STUDI AFFORDABILITY TO PAY CALON PENGGUNA JASA JALAN TOL SERPONG – ULUJAMI DENGAN METODE STATISTIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Isi_cover_332861194380.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_911531945200.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Isi1234082884091.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text (BAB II)
Isi2299528172212.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (BAB III)
Isi3616464761351.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text (BAB IV)
Isi4133662762985.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (BAB V)
Isi5906185808934.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (BAB VI)
Isi6891548879006.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka122191569578.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
Abstract
Penentuan tarif jalan tol yang berlaku di Indonesia sampai saat ini dilakukan berdasarkan formulasi Biaya Operasional Kendaraan (BOK) oleh PT. Jasa Marga selaku operator jalan tol. Tarif maksimum yang diizinkan tidak boleh melebihi 70% dari nilai BKBOK (Besar Keuntungan Biaya Operasional Kendaraan). BKBOK tersebut didefinisikan sebagai nilai penghematan BOK bila menggunakan jalan tol dibandingkan dengan bila tidak menggunakan jalan tol. Pada saat ini, dilakukan studi tentang analisa perhitungan tarif tol dengan pendekatan yang berbeda, yaitu studi tentang nilai waktu (Time Value) dan studi tentang kemampuan membayar (Affordability To Pay) dari suatu komunitas pengguna jasa jalan tol tertentu. Studi ini diharapkan menjadi pertimbangan yang kuat dalam penentuan tarif tol dimasa mendatang. Penelitian pada Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kemampuan untuk membayar (Affordability To Pay) berdasarkan kemampuan ekonomi pengguna jasa jalan tol, khusus untuk ruas jalan tol Serpong – Bintaro – Ulujami. Ini dilakukan dengan mengacu bahwa nilai ATP adalah turunan dari besarnya pengeluaran seseorang. Perolehan data dilakukan dengan metode Stated Preference yang dilakukan dengan teknik wawancara kepada responden yang merupakan calon pengguna jasa jalan tol Serpong – Ulujami. Kemudian analisa perhitungan nilai ATP dilakukan dengan metode Statistik Versi 12. Hubungan antara nilai ATP terhadap jumlah populasi responden dinyatakan dengan pendekatan regresi berganda (polynomial regretion). Selain itu, hubungan antara rata – rata nilai ATP dengan tingkat pengeluaran juga diamati, untuk melihat bagaimana keduanya saling berkaitan. Dari analisa yang telah dilakukan, didapatkan bahwa besarnya nilai ATP terhadap jalan tol tersebut tidak selalu dipengaruhi oleh tingginya tingkat pengeluaran seseorang, akan tetapi lebih dipengaruhi oleh situasi perjalanan yang akan dilakukan.
Actions (login required)
View Item |