RAMADIAN, YASMIN (2020) ANALISIS RENCANA PENERAPAN SISTEM ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP) DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS JALAN MEDAN MERDEKA BARAT). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text
01. COVER.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text
02. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
03. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
||
Text
04. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
05. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
06. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
Abstract
DKI Jakarta merupakan ibu kota negara yang memiliki luas sekitar 661,52 km2 dengan pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor sebesar 5,35% atau sekitar 18,1 juta pertahun. Pertumbuhan pengguna kendaraan pribadi yang cukup meningkat setiap tahun dan pembangunan jaringan jalan yang belum dilakukan secara optimal, dapat berdampak besar pada kemacetan yang terjadi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah melakukan berbagai macam cara untuk dapat memecah kemacetan pada wilayah DKI Jakarta, upaya yang sudah dilakukan diantaranya sistem 3 in 1 (three in one) dan ganjil-genap. Namun upaya yang sudah diterapkan tersebut masih kurang efektif dalam penerapannya, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencetuskan salah satu wacana agar kemacetan di wilayah DKI Jakarta dapat terurai, salah satunya adalah penerapan sistem Electronic Road Pricing (ERP). Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Medan Merdeka Barat, dan jalan alternatif yang mengalami dampak akibat sistem penerapan ERP, yaitu Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Budi Kemuliaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi lalu lintas, menganalisis kondisi eksisting karakteristik jalan menggunakan metode jalan perkotaan, dan menganalisis dampak penerapan sistem ERP apabila diberlakukan pada Jalan Medan Merdeka Barat dengan metode menghitung perbandingan biaya kemacetan sebelum dan sesudah penerapan ERP. Data kondisi eksisting jalan yang akan diberlakukan sistem ERP bersumber dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan data tambahan berupa survei kinerja ruas jalan untuk dampak yang terjadi apabila ERP diberlakukan. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Jalan Medan Merdeka Barat memiliki jam sibuk tertinggi pada hari rabu sore dengan volume kendaraan sebesar 7.003 kendaraan/jam, dengan derajat kejenuhan terbesar yaitu 0,97 termasuk dalam tingkat pelayanan jalan E, dengan karakteristik jalan memiliki arus yang tidak stabil, kecepatan rendah dan berbeda-beda, volume mendekati kapasitas jalan. ERP dihitung dapat berpotensi mengurangi biaya kemacetan sebesar Rp.221.788/jam dengan pengurangan volume kendaraan sebesar 19% apabila sistem ERP diterapkan pada ruas Jalan Medan Merdeka Barat. Kata Kunci : DKI Jakarta, Kemacetan, Electronic Road Pricing, Biaya Operasional Kendaraan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 21 007 |
NIM/NIDN Creators: | 41119310116 |
Uncontrolled Keywords: | DKI Jakarta, Kemacetan, Electronic Road Pricing, Biaya Operasional Kendaraan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 090 Manuscripts, Rare Books, and Other Rare Printed Materials/Manuskrip Naskah-naskah, Buku-buku Langka, dan Bahan Cetakan Langka Lainnya > 098 Prohibited Works, Forgeries, Hoaxes/Buku-buku Terlarang, Pemalsuan, Penipuan > 098.1 Prohibited Works/Buku-buku Terlarang |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 09:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 09:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67721 |
Actions (login required)
View Item |