REPRESENTASI MASKULINITAS PADA WARNA DALAM IKLAN L-Men WATER VERSI BURNING STEP (Analisa Semiotika Roland Barthes Pada Visual Iklan Televisi L-Men Water Versi Burning Step)

FARHAN, IBNU (2015) REPRESENTASI MASKULINITAS PADA WARNA DALAM IKLAN L-Men WATER VERSI BURNING STEP (Analisa Semiotika Roland Barthes Pada Visual Iklan Televisi L-Men Water Versi Burning Step). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Iklan merupakan suatu simbol yang divisualisasikan melalui berbagai aspek tanda komunikasi dan tersusun dalam struktur teks iklan. Tanda-tanda yang terdapat dalam suatu struktur teks iklan merupakan suatu kesatuan sistem tanda yang teridiri dari tanda-tanda verbal dan non verbal. Iklan L-Men Water versi burning step yang diteliti dalam penelitian ini dengan permasalahan berupa bagaimana representasi warna dalam iklan L-Men Water versi burning step. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan oleh teori Roland Barthes yang semiotika sebagai suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Memaknai dalam hal ini tidak dapat dicampuradukkan dengan mengkomunikasikan. Barthes juga memberkan gambaran pada iklan yang menggambarkan objek pada tingkat hubungan denotatif dan konotatif. Barthes memperkenalkan tanda denotatif yang terdiri atas penanda (signifier) dan petanda (signified) Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan dengan pendekatan Semiotika, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam visual Iklan L-Men Water ini direpresentasikan adanya penekanan warna yang ditampilkan yang memiliki arti yang tersembunyi yang berkaitan dengan iklan. Dan juga mitos dalam pemahaman semiotika Roland Barthes adalah pengkodean makna dan nilai-nilai sosial yang menghasilkan makna lapis kedua dimana lebih bersifat "tersembunyi" Kata kunci: iklan, simbol, tanda verbal, tanda non verbal, semiotika, mitos, tanda dan penanda.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44312120077
Uncontrolled Keywords: iklan, simbol, tanda verbal, tanda non verbal, semiotika, mitos, tanda dan penanda.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Aug 2022 07:31
Last Modified: 13 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67562

Actions (login required)

View Item View Item