DIGDYARHAMA, ANSGARIO BONDHAN (2019) ANALISIS VARIASI KECEPATAN TERHADAP NILAI TEGANGAN DAN DAYA BATERAI MOBIL LISTRIK PROSOE KMHE 2019. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text
01. HALAMAN JUDUL 1.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
01. HALAMAN JUDUL 2.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
02.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
03.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
04.LEMBAR PENGHARGAAN.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
05.ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
06.DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
07.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
08.DAFTAR TABEL.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text
09.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
10.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text
11.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
12.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
13.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
15.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
Abstract
Abstrak – Perkembangan dibidang transpotasi didunia dari tahun ketahun menggalami perkembangan yang sangat signifikan, terutama transportasi berupa mobil listrik. Mobil listrik menjadi solusi atas permasalahan semakin berkurangnya bahan bakar konvensional karena menggunakan energi ramah lingkungan serta tidak menimbulkan polusi, dan mobil listrik mempunyai efisiensi yang lebih besar dibandingkan mobil konvensional. Efisiensi keseluruhan mobil listrik adalah 48 persen, secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25 persen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tegangan dan daya listrik baterai mobil listrik prosoe KMHE 2019 yang terjadi karena adanya variasi kecepatan berkendara sesuai dengan regulasi teknis KMHE 2019. Metode pengujian ini menggunakan metode eksperimen, eksperimen dilaksanakan dengan kondisi dan peralatan yang diselesaikan guna memperoleh data tentang pengaruh kecepatan berkendara terhadap nilai tegangan dan daya listrik baterai mobil listrik prosoe KMHE 2019. Peralatan yang digunakan dalam penelitian antara lain 1 unit mobil listrik prosoe, DC Watt Meter Volt Meter Ampere meter 60 Volt 100 A, tachometer, pyrometer, baterai / accu kering 48 Volt dengan kapasitas kuat arus baterai 10,4 Ah dan kuat arus power baterai 40 A, pengatur kecepatan (Hall Sensor Handle Gas). Hasil dari pengukuran pada mobil listrik prosoe KMHE 2019, nilai daya listrik baterai terbesar terjadi saat kecepatan berkendara 40 km/jam, yaitu dengan nilai daya listrik baterai sebesar 1306,94 Watt, nilai tegangan baterai sebesar 47,08 Volt, nilai kuat arus sebesar 27,76 Ampere dan temperatur baterai yang dihasilkan sebesar 35,80°C. Sedangkan nilai daya listrik baterai terkecil terjadi saat kecepatan berkendara 10 km/jam, yaitu dengan nilai daya listrik baterai sebesar 1172,46 Watt, nilai tegangan baterai sebesar 46,16 Volt, nilai kuat arus sebesar 25,40 Ampere dan temperatur baterai yang dihasilkan sebesar 30,40°C. Hal ini diakibatkan karena semakin besar putaran yang terjadi pada motor penggerak sehingga sumber tenaga dari baterai yang dibutuhkan semakin besar mengakibatkan tegangan dan kuat arus baterai mobil listrik prosoe KMHE 2019 yang dihasilkan semakin besar pula. Kata Kunci : Mobil Listrik, Tegangan, Daya Listrik, Kuat Arus, Baterai / Accu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/MSN 19 014 |
NIM/NIDN Creators: | 41317310019 |
Uncontrolled Keywords: | Mobil Listrik, Tegangan, Daya Listrik, Kuat Arus, Baterai / Accu |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 13 Aug 2022 04:05 |
Last Modified: | 13 Aug 2022 04:05 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67538 |
Actions (login required)
View Item |