PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN MENGGUNAKAN BENEISH M-SCORE MODEL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2017)

KHAIRULLAH, ERUL (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN MENGGUNAKAN BENEISH M-SCORE MODEL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 – 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Earnings management is a condition for intervention in the process of financial reporting by smoothing, raising, and lowering of profit. The aims of the research are to investigate the relationship between firm size, leverage, profitability and earnings management by using Beneish M-score model at indonesian manufacturer companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX). The population in this study are manufacturer companies listed in Indonesian Stock Exchange (IDX) by the year 2014 up to 2017. Sample selection technique that used is puposive sampling and acquired 50 company. The analytical method in this study uses double linear regression. The results of this research showed that while partially, firm size and leverage have a significant effect on earnings management while profitabilty has no significant effect on enarnings management. Keywords: Firm Size, Leverage, Taxpayer Awareness, Earnings Management, Beneish model http://digilib.mercubuana.ac.id/ iv ABSTRAK Manajemen laba adalah suatu kondisi manajemen melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan meratakan, menaikan, dan menurunkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba dengan menggunakan beneish m-score model pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 50 perusahaan. Metode analisis data dalam peneltitan ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial ukuran perusahaan, leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba sedangkan untuk profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Manajemen Laba, Beneish m-score

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK 20 007
NIM/NIDN Creators: 43215310036
Uncontrolled Keywords: Keywords: Firm Size, Leverage, Taxpayer Awareness, Earnings Management, Beneish model
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 12 Aug 2022 05:56
Last Modified: 12 Aug 2022 05:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67468

Actions (login required)

View Item View Item