ANALISIS PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

SAPUTRA, BAGAS SYAMSYAH (2020) ANALISIS PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Fakta bahwa Indonesia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan tidak lepas dari peranan badan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM memiliki kontribusi yang besar dalam membangun perekonomian. Untuk tingakat badan usaha mikro adalah paling banyak dijalankan oleh pengusaha karena dengan kapasitas modal awal yang tidak harus besar sehingga banyak diminat. Sehingga UMKM mulai menjamur dan menjadikan peluang berkembang menjadi terbatas sehingga dituntut untuk kegigihannya mempertahankan kelangsungan usaha. UMKM dengan tingkat mikro dapat dijumpai pada usaha susu kedelai dengan yang sudah 8 tahun menjalani usaha, namun tidak adanya peningkatan. Menggunakan analisa SWOT untuk mendapatkan strategi terbaik untuk dapat meningkatkan usaha susu kedelai diterapkan pada penelitian ini. Hasil dari perhitungan SWOT juga di barengi dengan menghitung nilai bobot dari internal faktor dan eksternal faktor, sehingga di temukan hasil IFAS dan EFAS sebagai nilai pendukung dalam menerapakan strategi peningkatan daya saing dan pengembangan usaha. Pada matrik internak eksternal berada pada sel nomor lima (growth), yaitu suatu keadaan dimana usaha susu kedelai mengalami suatu masa pertumbuhan, baik dalam penjualan, asset profit, maupun kombinasi dari ketiganya. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Untuk hasil analisa SWOT dalam matrik SWOT dihasilkan 4 strategi kombinasi dengan kebijakan yang diambil dari komponen strategi SWOT. Kata kunci : UMKM, Susu kedelai, Analisis SWOT, EFAS, IFAS http://digilib.mercubuana.ac.id/ v ABSTRACT The fact that Indonesia is experiencing significant economic growth cannot be separated from the role of micro, small and medium enterprises (MSMEs). MSMEs have a major contribution in building the economy. For the level of micro business entities, most are run by entrepreneurs because their initial capital capacity does not have to be large so they are in great demand. So that MSMEs began to mushroom and limited opportunities to develop so that they were required to persistently maintain business continuity. MSMEs with a micro level can be found in the soy milk business with those who have been in business for 8 years, but there is no increase. Using a SWOT analysis to find the best strategy to increase soy milk business was applied in this study. The results of the SWOT calculation are also accompanied by calculating the weight value of internal factors and external factors, so that the IFAS and EFAS results are found as supporting values in implementing strategies for increasing competitiveness and business development. In the external internal matrix, it is in cell number five (growth), which is a condition where the soy milk business experiences a period of growth, both in sales, asset profit, and a combination of the three. The strategy that must be applied in this condition is to support an aggressive growth policy (Growth Oriented Strategy). For the results of the SWOT analysis in the SWOT matrix, 4 combination strategies are produced with policies taken from the SWOT strategy components. Keywords: MSMEs, soy milk, SWOT analysis, EFAS, IFAS

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND 20 002
NIM/NIDN Creators: 41615310015
Uncontrolled Keywords: Keywords: MSMEs, soy milk, SWOT analysis, EFAS, IFAS
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 11 Aug 2022 05:09
Last Modified: 11 Aug 2022 05:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67328

Actions (login required)

View Item View Item