BARYANA, HAFID (2020) PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN BANYAKNYA GANGGUAN LAYANAN INTERNET DI PT XYZ BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
41515110150-HafidBaryana.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dalam sebuah perusahaan telekomunikasi, customer adalah aset bagi perusahaan yang harus diperhatikan kenyamanaanya selama berlangganan, untuk itu diperlukannya penyediaan sistem yang memperhatikan laporan pengaduan customer, untuk mendukung proses berjalanya bisnis pada sebuah prusahaan ,karna data pengaduan customer sangatlah penting untuk membangun citra sebuah prusahaan dari data itu perusahaan dapat mendapatakan informasi tentang keluhan dan keinginan customer untuk kedepannya dan perusahaan tau apa yang harus dilakukan kedepannya agar customer tidak kecewa, untuk itu dalam penelitian ini akan dilakukan analisa dan menghitung banyaknya kasus gangguan layanan internet, menggunakan metode algoritma C4.5 dengan menggunakan parameter kota, jenis gangguan, dan lebel data yang di gunakan sering dan tidaknya gangguan layanan internet, data yang digunakan sebagai sampel data adalah sebanyak 508 data pengaduan dengan total kasus gangguan untuk daerah jakarta barat 95, jakarta selatan 175, jakarta utara 96, jakarta pusat 134, jakarta timur 8 dengan nilai akurasi 79% pada parameter kota yang sring terjadi gangguan layanan internet. Kata kunci: Klasifikasi,algoritma C4.5
Actions (login required)
View Item |