EDUKASI INTERAKTIF PAKAIAN ADAT TRADISIONAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE

SA'BANIYYAH, KHOIRUNNISA (2019) EDUKASI INTERAKTIF PAKAIAN ADAT TRADISIONAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia is an archipelago that has thousands of islands with diverse tribes and has a variety of traditional clothing. So as to introduce the diversity of traditional clothing in Indonesia it is necessary to be able to remind the public, especially children, to get to know culture, with the development of existing technology, interactive educational games on traditional website-based traditional clothing are felt to be necessary to answer the problem. Meanwhile, this application is in the form of a guessing game, the player is asked to compile the existing custom clothing puzzle first to be able to answer the questions given, after the player answers the question, the application will display information about the custom clothing. To randomize the questions this application is built using the Fisher-Yates Shuffle algorithm, which gives a different sequence of questions to each player even if played at the same time. Visual Studio Express 2017 is used to design this application, while processing its database using MySql. Keywords: Education, Traditional Clothing, Shuffle Fisher-Yates, Quizzes, Guess Images Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau dengan beragam suku serta memiliki berbagai macam pakaian adat. Sehingga memperkenalkan keragaman pakaian adat di Indonesia dirasa perlu untuk dapat mengingatkan masyarakat khususnya anak-anak untuk mengenal kebudayaan, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini game edukasi interaktif pakaian adat tradisional berbasis website dirasa perlu hadir menjawab permasalahan tersebut. Adapun, aplikasi ini berupa permainan tebak gambar, pemain diminta untuk menyusun puzzle pakaian adat yang ada terlebih dahulu untuk dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, setelah pemain menjawab pertanyaaan, aplikasi akan menampilkan informasi mengenai pakaian adat tersebut. untuk mengacak soal aplikasi ini dibangun menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle, yang memberikan urutan pertanyaan berbeda pada tiap pemain meskipun dimainkan dalam waktu bersamaan. Visual Studio Express 2017 digunakan untuk merancang aplikasi ini, sementara untuk mengolah database-nya menggunakan MySql. Kata kunci: Edukasi, Pakaian Adat, Fisher-Yates Shuffle, Kuis, Tebak Gambar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 360
NIM/NIDN Creators: 41514120055
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Pakaian Adat, Fisher-Yates Shuffle, Kuis, Tebak Gambar
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial > 391 Custome and Personal Appearance/Adat Istiadat dan Penampilan Personal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial > 392 Customs of Life Cycle and Domestic Life/Adat Istiadat Setempat
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:09
Last Modified: 30 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66812

Actions (login required)

View Item View Item